Malang Raya

Diskominfo Kabupaten Malang Jelaskan Penerapan E-signature

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang menyampaikan bimbingan teknis Sertifikat Elektronik e-signature guna pengamanan dokumen

Diskominfo Kabupaten Malang Jelaskan Penerapan E-signature
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang menyampaikan bimbingan teknis Sertifikat Elektronik e-signature guna pengamanan dokumen 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang menyampaikan bimbingan teknis Sertifikat Elektronik e-signature guna pengamanan dokumen, di salah satu hotel di Karangploso, Kamis (10/10/2019).

Bimbingan tersebut dilakukan dengan mengundang Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE).

164 orang dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-kabupaten Malang dan Kepala sub Bagian Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan menjadi peserta bimbingan teknis yang turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono.

Saat beri sambutan, Didik Budi Muljono mengatakan inovasi penerapan e-signature sangat bermanfaat bagi jalannya pelayanan birokrasi.

Menurutnya, segera mungkin apa yang disampaikan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik  bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Pemkab Malang harus segera diterapkan.

“Ini inovasi baru yang harus kami terapkan. Karena dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan pada data yang sebenarnya (tidak ada yang berubah).”

“Cukup dengan password sebagaimana dengan paparan video tadi, secara elektronik itu sudah bisa dipertanggungjawabkan keaslian dan keabsahannya,” kata Didik.

Didik menambahkan, efektifitas e-signature dapat membuat kinerja para pejabat seperti dirinya akan lebih mudah dari biasanya.

Didik berharap inovasi tersebut dapat menghindarkan dari penyalahgunaan.

“Ini akan membantu. Contohnya ketika saya berada di luar kota, atau bupati dan pejabat lain tak berada diruangna bisa memberikan tanda tangan elektronik.”

Halaman
123
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved