Universitas Brawijaya Malang

Jika Universitas Brawijaya Jadi PTNBH, 5 Tahun Ditarget Masuk Peringkat 500 Universitas Dunia

Prof Dr Ir Nuhfil Hanani: Jika Universitas Brawijaya Malang Jadi PTNBH, 5 Tahun Ditarget Masuk Peringkat 500 Universitas Dunia

Jika Universitas Brawijaya Jadi PTNBH, 5 Tahun Ditarget Masuk Peringkat 500 Universitas Dunia
sylvianita widyawati
Kegiatan road show sosialisasi PTNBH Universitas Brawijaya (UB) Malang di FIA, Kamis (10/10/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Rektor dan wakil rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang melakukan roadshow ke fakultas-fakultas menyosialisasikan rencana menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Pada Kamis (10/10/2019) ke Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

"Jadi PTNBH itu keharusan. Tidak bisa ditawar lagi," jelas Prof Dr Ir Nuhfil Hanani MS, Rektor UB di acara itu.

Katanya, ia sudah menandatangi kontrak bahwa UB dalam kurun waktu lima tahun ditarget masuk peringkat 500 universitas dunia. Rencana ini sudah dirintis saat Rektor UB dijabat Prof Dr Ir M Bisri MS dimana sudah dibentuk tim. Setelah Nuhfil jadi rektor, ia ditanya oleh ketua tim PTNBH Prof Dr Ir Abdul Latief Abadi apa akan terus PTNBH? Nuhfil menjawab terus.

"Sebab jika tidak sekarang, maka akan ditagih lagi tahun depan. Maka memilih sekarang agar segera tuntas," jawabnya. Ibaratnya, jika berstatus PTNBH, maka perguruan tinggi dewasa yang mampu menghidupi sendiri. Rektor menyatakan, pengajuan sebagai PTNBH pada November 2019. Kepentingan menjadi PTNBH karena reputasi. "Reputasi itu mahal. Dan UB ingin mendapatkan reputasi internasional, kelas dunia," katanya.

Dengan status baru kelak, maka diharapkan akan ada otonomi. Sebab dengan menyandang status BLU (Badan Layanan Umum) disebutnya juga ada batasan-batasan. Misalkan untuk kerjasama, SDM, keuangan dll. Sedang syarat utama untuk jadi PTNBH adalah PTN di klaster pertama. Jika PTNBH, maka rektor akan dipilih dan dilantik oleh Majelis Wali Amanat (MWA).

Persyaratan menjadi PTNBH ada 26 item. Bekal UB selain di klaster A, juga masuk peringkat 7 publikasi scopus, untuk hak atas kekayaan intelektual kini di peringkat 5, akreditasi lembaga A dll. Direncanakan, jika jadi PTNBH, maka wakil rektor UB akan ada lima. Yaitu mengurusi entrepreneurship. Selain itu juga ada perubahan nama jurusan menjadi departemen.

Sedang Wakil Rektor IV UB Prof Dr Ir M Sasmito Djati MS memaparkan draf renstra sehingga diharapkan bisa jadi acuan fakultas. Sebab renstra UB berakhir pada 2019 sehingga disusun yang baru. Sehingga selain sosialisasi PTNBH juga renstra.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved