Kota Batu

KPU seJatim Rapat di Kota Batu, Bahas Persiapan Pilkada Serentak 2020

KPU Provins Jatim menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Hotel Purnama, Kota Batu.

benni indo
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Nawangsasi Hall, Hotel Purnama, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Nawangsasi Hall, Hotel Purnama, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu selama dua hari mulai tanggal 9 hingga 10 Oktober 2019. 

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua KPU Jatim Khoirul Anam beserta jajarannya dan 38 perwakilan anggota KPU Kota/Kabupaten sejawa timur yang masing masingnya dihadiri 2 orang. Tepatnya dari divisi perencanaan, data dan informasi serta operator Sidalih.

Divisi data dan Informasi KPU Provinsi Jatim Nurul Amalia menjelaskan, tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk memutakhirkan data pemilih yang masih belum terangkum atau belum masuk dalam DPT pada pemilu sebelumnya. Salah satu contohnya seperti DPT yang belum memiliki KTP elektronik atau E-KTP.

"Di sini kami cek seluruh data yang telah dihimpun oleh masing-masing perwakilan dari kabupaten dan kota. Kemudian nanti hasil dari pemutakhiran ini rencananya akan digunakan untuk persiapan pilkada mendatang," ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Pada 2020 mendatang, rencananya akan ada 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur akan mengikuti Pilkada serentak. Dari situ dibutuhkan data pemilih untuk pencalonan perseorangan. Maka dari itu, pihaknya melakukan rapat koordinasi ini untuk mengetahui kesiapan dari masing masing anggota KPU Kabupaten maupun Kota dalam persiapan Pilkada tersebut.

"Data pemilih yang digunakan dalam Pilkada tersebut adalah data pemilih yang sudah masuk dalam Sidalih. Untuk hasil dari pemutakhiran ini akan disampaikan langsung kepada KPU RI sambil menunggu petunjuk teknis (Juknis) selanjutnya,"Jelasnya.

Selain menyampaikan pemutakhiran data pemilih ke KPU RI, Nurul juga menambahkan bahwa pihaknya juga akan menyampaikan beberapa evaluasi terkait aturan dan permasalahan sebagai masukan dalam penyusunan PKPU. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved