Malang Raya

Sugiyanto Raih Omzet Rp 10 Juta per Bulan Berkat Budidaya Benih Ikan Lele di Desa Maguan, Malang

#MALANG - Sugiyanto Raih Omzet Rp 10 juta/Bulan Berkat Budidaya Benih Ikan Lele. Lebih menghasilkan daripada merantau ke Jabar jualan nasi goreng.

Sugiyanto Raih Omzet Rp 10 Juta per Bulan Berkat Budidaya Benih Ikan Lele di Desa Maguan, Malang
erwin
Kolam budidaya benih ikan lele milik Sugiyanto (39) di Desa Maguan Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. 

#MALANG - Sugiyanto Raih Omzet Rp 10 juta/Bulan Berkat Budidaya Benih Ikan Lele. Lebih menghasilkan daripada merantau ke Jabar jualan nasi goreng.

SURYAMALANG.COM, NGAJUM - Budidaya benih ikan lele di Desa Maguan Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang masih menunjukkan eksistensinya.

Salah satu dari pembudidaya benih ikan lele yang masih eksis adalah Sugiyanto (39). Ditemui di rumahnya, kolam-kolam ikan miliknya tampak dipenuhi benih berbagai jenis ikan lele. Ada jenis Sangkuriang hingga Mutiara.

"Saya dulu merantau di Jawa Barat jualan nasi goreng tahun 1997. Tiap pulang ke Maguan, tetangga udah ada yang merintis buka kolam lele. Saya akhirnya belajar dan dari situ saya tertarik," ujar Sugiyanto sembari menunjukkan kolam miliknya.

Keputusan Sugiyanto kembali menetap di tanah kelahirannya berbuah keputusan tepat. Pada 2010 ia akhirnya memberanikan diri membuat 5 kolam ikan lele. Modalnya Rp 5 juta.

"Saya akhirnya dapat menemukan minat di usaha ini. Akhirnya mantap buka kolam lele. Keterampilan dari otodidak ya saya belajar dari teman teman," beber pria yang juga pernah berjualan bakso itu.

Sugiyanto menganggap budidaya ikan lele gampang-gampang susah. Tapi dia punya tips. Yakni harus telaten seperti merawat anak sendiri.

"Harus telaten biar bisa dapat omzet Rp 10 juta per bulan. Benih harus dialiri air yang bersih, pakan yang berkualitas," ungkap ayah satu anak ini.

Sugiyanto mengatakan harga benih adalah Rp 80 per ekor. Sekali panen, siklus hidup 40-50 hari. Sekitar 100 ribu benih bisa didapat sekali panen. Pemasaran benih ikan lele cukup ke lingkup Malang Raya dan Tulungagung.

"Saya anggap pembenihan seperti merawat bayi, jadi harus telaten. Menurut saya punya bakat nggak selalu menjamin kesuksesan. Tapi yang penting rajin tekun dan telaten," kata Sugiyanto. 

GOOGLE MAPS - Kantor Desa Maguan Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved