Kabar Surabaya

Kendaraan Taktis Mirip Robot di Polrestabes Surabaya Pakai Tameng Baja Bisa Melebar 8 Meter

POLRESTABES SURABAYA mendapat satu kendaraan taktis (Rantis) yang canggih seperti robot. Ada tameng baja 6 ton bisa melebar sampai 8 meter.

Kendaraan Taktis Mirip Robot di Polrestabes Surabaya Pakai Tameng Baja Bisa Melebar 8 Meter
firman rachmanudin
CANGGIH - Kendaraan taktis (Rantis) Polri di depan gedung Sat Sabhara Polrestabes Surabaya, Kamis (17/10/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebuah kendaraan taktis (Rantis) yang gagah terparkir di depan Gedung Sat Sabhara Polrestabes Surabaya.

Kendaraan tersebut ternyata baru ada lima unit di Indonesia, salah satunya ya di Polrestabes Surabaya ini.

Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya, Kompol Oki Ahadian Purwono mengatakan, kendaraan bak robot itu baru didatangkan lima hari yang lalu, tepatnya Minggu (13/10/2019).

"Sebenarnya sudah lima hari ini, namun baru dua hari diuji coba karena operator kendaraan harus melalui pelatihan lebih dulu," kata Oki, Kamis (17/10/2019).

Lebih lanjut kendaraan rantis ini berfungsi sebagai pengahalau massa dalam pengamanan obyek vital.

"Rantis ini juga melindungi petugas dari kerusuhan maupun lemparan benda dari massa yang mungkin terjadi. Kendaraan ini menggunakan motor alat berat jenis Kalmar yang dimodifikasi," terang Oki.

Rantis adalah kendaraan yang palong cocok dalam penghalauan massa.

Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya, Kompol Oki Ahadian Purwono (memakai ban lengan kuning) mengenalkan Rantis Polri di depan gedung Sat Sabhara Polrestabes Surabaya, Kamis (17/10/2019)
Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya, Kompol Oki Ahadian Purwono (memakai ban lengan kuning) mengenalkan Rantis Polri di depan gedung Sat Sabhara Polrestabes Surabaya, Kamis (17/10/2019) (firman rachmanudin)

Bagaimana tidak, bagian depan Rantis dilengkapi tameng baja dan kaca fiber tebal untuk menghalangi lemparan.

Tameng itu memiliki berat sekitar 6 ton. Layaknya robot, tameng baja itu bisa menyempit dan melebar menyesuaikan dengan kondisi di lokasi pengamanan.

"Pelindung baja ini bisa dilebarkan hingga 7-8 meter. Ini untuk mengantisipasi dan menghalau massa yang kemungkinan melakukan kerusuhan," lanjutnya.

Halaman
12
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved