Kota Batu

Pemkot Batu Berusia 18 Tahun, Ingin Tambahan Kecamatan

Di usianya yang menginjak 18 tahun, Pemkot Batu menyeriusi wacana mengembangkan kecamatan.

Pemkot Batu Berusia 18 Tahun, Ingin Tambahan Kecamatan
benni indo
Lahan di kawasan rumah tua yang rencananya disewa untuk menjadi lahan parkir di sekitar Alun-alun Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Di usianya yang menginjak 18 tahun, Pemkot Batu menyeriusi wacana mengembangkan kecamatan.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso selepas upacara ulang tahun Kota Batu di Balaikota Among Tani Kamis pagi (17/10/2019).

"Sudah kami petakan. Yang akan dipecah kemungkinan dari desa dulu baru kelurahaanya," terang Punjul.

Ia juga membeberkan kawasan yang akan dipecah diantaranya Desa Giripurno, Desa Tulungrejo, Desa Sidomulyo, Kelurahan Sisir, dan Kelurahan Ngaglik. Pemkot Batu akan memanfaatkan fasilitas dari pemkot aset yang masih belum dimaksimalkan.

Di antaranya seperti penggunaan lahan uji kir di kawasan gedung BNN yang masih kosong dan bekas gedung DPRD yang bisa dimanfaatkan sebagai kantor kecamatan yang baru.

Ke depannya, Pemkot Batu juga akan menggandeng pihak akademisi dalam pemecahan kecamatan ini. Pasalnya, perlu kajian akademis agar pembentukan kecamatan baru bisa efektif.

"Hal ini dikarenakan menurut aturan perundang-undangan, aturan luas wilayah, dan aturan lainya sudah memenuhi. Apalagi empat kecamatan juga merupakan syarat untuk menjadi Kota mandiri," paparnya.

Sementara itu, perayaan HUT ke-18 Kota Batu berlangsung meriah di Stadion Brantas, kota Batu, Kamis (17/10/2019). Seluruh Forkopimda menghadiri acara tersebut. Ratusan pelajar juga turut serta memeriahkan.

“Melihat kemeriahan dalam upacara kali ini, ini merupakan suatu bentuk kebersamaan agar kita selalu guyub rukun dan NKRI juga harus selalu kita jaga,” ujar Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Dewanti berharap, ke depannya Pemerintah Kota Batu komitmen memfaslitiasi program-program yang menjadikan masyarakat Kota Batu menjadi lebih sejahtera.

Atraksi drumband dari SMA Gita Swara Nala Jawa Timur dan dilanjutkan menari bersama diiringi lagu sanduk khas Kota Batu serta lagu Gemu Famire melengkapi kemeriahan acara.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved