Malang Raya

Wali Kota Malang : Goal Smart City Adalah Digitalisasi Informasi Dalam Pelayanan Publik

Smart City atau Kota Pintar kini sedang digodok dan di kembangkan oleh Kota Malang.

Wali Kota Malang : Goal Smart City Adalah Digitalisasi Informasi Dalam Pelayanan Publik
Humas Pemkot Malang
Wali Kota Malang Sutiaji, bersama dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak saat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para OPD dalam melakukan digitalisasi pelayanan dibidang website dan media sosial dalam acara Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) di Hotel Savana, Rabu (16/10) malam. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Smart City atau Kota Pintar kini sedang digodok dan di kembangkan oleh Kota Malang.

Dalam proses pengembangan tersebut, proses digitalisasi informasi dalam pelayanan publik menjadi goal dari Smart City.

Hal itulah yang diucapkan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji usai memberikan sambutan dalam acara Malam Penganugerahan Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) di Hotel Savana, Rabu (16/10/2019) malam.

“Goalnya itu adalah pelayanan publik. Seperti Sutiaji-Edi diberikan amanah oleh Undang-undang, dipilih dan harus melayani masyarakat. Maka inovasi semua harus berbasis pelayanan,” ucapnya.

Dalam proses digitalisasi informasi ini, Sutiaji membaginya dalam tiga tahapan, yaitu, keterbukaan, kecepatan dan transparansi.

Sehingga dalam pelayanan ini bisa memberikan efisiensi waktu, efisiensi keuangan dan juga transparansi.

Orang nomor satu di Kota Malang itu mengatakan, bahwa inovasi dan digitalisasi adalah hal utama yang mendukung terwujudnya program Smart City.

Menurutnya, suatu kota atau daerah dapat dikatakan sudah menerapkan program Smart City jika telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi sampai pasa level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional.

Integrasi tersebut, ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, membagikan informasi kepada masyarakat, hingga memperbaiki layanan publik dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

“Karenanya pengembangan konsep smart city akan dilakukan secara bertahap, karena ada berbagai komponen di dalamnya,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved