Kabinet Jokowi

Ini 5 Nama Figur Asal Jatim untuk Masuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf, Ada Kepala Daerah Hingga Akademisi

Kelima figur calon menteri Kabinet Jokowi asal Jatim ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari kepala daerah hingga kalangan akademisi.

Ini 5 Nama Figur Asal Jatim untuk Masuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf, Ada Kepala Daerah Hingga Akademisi
Kolase - SURYAMALANG.COM/A Zaimul Haq, Faiq Nuraini,Haorrahman
Tiga dari lima tokoh Jatim yang dinilai layak menjadi menteri di kabinet Jokowi Jilid 2 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Nama-nama figur dari tokoh asal Jawa Timur (Jatim) mulai bermunculan dan disebut-sebut layak masuk dalam daftar menteri kabinet Joko Widodo dan KH Ma’ruf Ami atau kabinet Jokowi Jilid 2.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Suko Widodo, menyebut beberapa figur asal Jawa Timur berpotensi dipilih dalam struktur kabinet Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin periode 2019-2024 mendatang.

Kelima figur tersebut berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari kepala daerah hingga kalangan akademisi.

5 Fakta Kisah Suhartini Janda Sragen yang Pernikahan Anaknya Diboikot, Lantaran Beda Pilihan Politik

Tabir Misteri Kematian Kucing Akibat Pesta Miras Ciu di Tulungagung Tersingkap, Kuburan Dibongkar

BREAKING NEWS - Polrestabes Surabaya Tangkap Tersangka Penculikan dan Pembunuhan Bangkit

”Pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur selama lima tahun terakhir konsisten di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Ini menjadi pembuktian atas kerja bersama-sama,” kata Suko kepada SURYAMALANG.COM ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (18/10/2019).

Figur pertama asal Jatim yang menurut Suko pantas masuk kabinet adalah Soekarwo.

Gubernur Jatim, Soekarwo (kiri) mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Rektor Universitas Islam  Malang, H Maskuri dan Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung, meresmikan Gedung Bundar Al-Asy'ari dan Kantor Pusat Umar bin Khattab di Gedung Bundar Al-Asy'ari, Universitas Islam Malang (Unisma), Kamis (29/3/2018).
Gubernur Jatim, Soekarwo (kiri) mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Rektor Universitas Islam Malang, H Maskuri dan Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung, meresmikan Gedung Bundar Al-Asy'ari dan Kantor Pusat Umar bin Khattab di Gedung Bundar Al-Asy'ari, Universitas Islam Malang (Unisma), Kamis (29/3/2018). (SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo)

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini merupakan Gubernur Jatim dua periode (2009-2014 dan 2014-2019).

Menurut Suko, dengan keahliannya, Pakde Karwo yang juga mantan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini pantas menduduki jabatan Menteri Dalam Negeri.

”Kalau boleh usul, Pakde Karwo pantas sebagai Mendagri dengan berdasarkan pada keahliannya,” kata Suko.

Berikutnya, ada dua kepala daerah di tingkat kabupaten/kota yang dinilai berhasil. Yakni, Tri Rismaharini, Walikota Surabaya dan Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi.

Tri Rismaharini dan Abdullah Azwar Anas berfoto bersama  Whisnu Shakti Buana, Puti Guntur Soekarno, Budi Sulistyono, Megawati Sodekarnoputri,dan Saifullah Yusuf.
Tri Rismaharini dan Abdullah Azwar Anas berfoto bersama Whisnu Shakti Buana, Puti Guntur Soekarno, Budi Sulistyono, Megawati Sodekarnoputri,dan Saifullah Yusuf. (pdiperjuangan-jatim.com)

Risma yang merupakan Presiden United Cities Local Government Asia-Pacific (UCLG-ASPAC) periode 2018-2020 sekaligus alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya disebut bisa menduduki Kementerian Pekerjaan Umum. 

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved