Kota Batu

Kejutan untuk Novi Susanti asal Trenggalek, Wisatawan Kesejuta di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu

Wajah Novi Susanti asal Trenggalek kaget saat disuruh masuk dalam ruang setelah membeli karcis di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu.

Kejutan untuk Novi Susanti asal Trenggalek, Wisatawan Kesejuta di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu
benni indo
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memberikan hadiah kepada keluarganya Novi Susanti asal Trenggalek karena terpilih sebagai pengunjung yang kesejuta di Taman Rekreasi Selecta, Minggu (20/10/2019). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Wajah Novi Susanti asal Trenggalek mendadak datar saat ia disuruh masuk dalam ruang setelah membeli karcis Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Minggu (20/10/2019). Ia dan enam anggota keluarga lainnya bingung sekaligus heran kenapa hanya ia yang disuruh masuk.

Kemudian datang petugas dan memberitahu bahwa Novi terpilih sebagai wisatan yang kesejuta berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta. Mendegar itu, Novi pun senang sekaligus tidak menyangka kalau dirinya akan terpilih.

“Ini kali pertama saya ke Selecta. Tiba-tiba tadi di suruh turun, lalu diberi tahu. Saya kaget campur deg-degan,” ungkapnya.

Tak lama kemudian, Novi dan seluruh keluarganya diajak naik ke panggung. Ia satu panggung bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Dewanti kemudian memberikan hadiah berupa uang tunai sebanyak Rp 1 juta kepada keluarga Novi. Tak hanya itu, Novi dan keluarganya mendapatkan pelayanan gratis tamasya ke berbagai wahana sekaligus gratis memilih makanan yang ada di Selecta.

“Saya senang bisa terpilih. Saya juga belum kepikiran nanti uangnya untuk apa,” katanya disambut tawa.

Pada Minggu siang, pengelola Taman Rekreasi Selecta menyambut Novi sebagi pengunjung yang kesejuta di tahun 2019 ini. Pada tahun ini,  Selecta mendapatkan pengunjung yang kesejuta juta lebih awal sebulan dibanding tahun lalu. Tahun lalu pengunjung yang kesejuta didapat pada November.

Dewanti Rumpoko turut bangga atas pencapaian yang telah diraih oleh Selecta. Di sisi lain, pencapaian yang membanggakan itu didapat saat perayaan Hari Jadi Kota Batu yang ke 18.

“Dengan pencapaian ini, berarti ada peningkatan yang signifikan dari pengunjung Selecta yang pastinya keseluruhan tingkat kunjungan di seluruh tempat wisata di Kota Batu juga ikut naik. Hal ini berdampak baik pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Batu,” ujar Dewanti, Minggu (20/10/2019).

Kata Dewanti, Selecta merupakan salah satu tempat wisata di Kota Batu yang menyumbangkan kurang lebih 17-20% wisatawan yang datang ke Kota Batu setiap tahunnya. Untuk itu, diharapkan tahun depan pihak Selecta bisa terus berinovasi serta meningkatkan pelayanannya supaya bisa mendapatkan kunjungan wisatawan yang ke 1.500.000.

Dewantu juga mengatakan kalau Selecta adalah salah satu pembayar pajak terbesar dari Kota Batu. Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Samuel Rusdi, menjelaskan setiap tahun pihaknya membayar pajak Rp 16 miliar.

Ia juga menjelaskan rincian pencapaian tingkat kunjungan wisatawan yang kesejuta setiap tahunnya. Pada 2016, wisatawan sejuta dicapai pada minggu keempat Desember. Pada 2017 dicapai pada minggu kedua bulan November. Sedangkan pada 2018 pada minggu keempat, November.

Setiap tahun tingkat kunjungan wisatawan di Selecta mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk detail tingkat kunjungan wisatawan dimulai pada tahun 2016 ada 1.077.000, tahun 2017 mencapai 1.240.000, tahun 2018 mencapai 1.246.000.

“Pada 2019 ini ditargetkan mencapai 1.345.000 sampai 1.4 juta wisatawan,” paparnya.

Samuel Rusdi juga mengharapkan, tahun depan tingkat kunjungan wisatawan yang datang bisa lebih meningkat sampai 1.500.000 wisatawan. 

 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved