Malang Raya

GALERI FOTO - Pameran Lukisan 'Retrospeksi' Karya Yon Wahyuono di Gedung Dewan Kesenian Malang

GALERI FOTO - Pameran Lukisan Retrospeksi Karya Yon Wahyuono di Gedung Dewan Kesenian Malang

GALERI FOTO - Pameran Lukisan 'Retrospeksi' Karya Yon Wahyuono di Gedung Dewan Kesenian Malang
hayu yudha prabowo
RETROSPEKSI - Sejumlah perupa Malang Raya melihat karya perupa Senior Kota Malang, Yon Wahyuono dalam pameran tunggalnya yang bertajuk Retrospeksi di Gedung Dewan Kesenian Malang, Senin (21/10/2019). S 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sejumlah perupa Malang Raya terlihat asyik mengobrol di depan ruang pamer Dewan Kesenian Malang (DKM), Jalan Majapahit, Kota Malang, Senin (21/10/2019).

Tampak perupa dari Kota Batu, Hendung Tunggal Jati, pelukis Kota Malang, Masari Arifin dan sejumlah perupa lainnya.

Kehadiran perupa Malang Raya ini untuk menikmati 20 karya lukisan abstrak perupa senior Kota Malang, Yon Wahyuono.

Dalam pameran tunggal kelima, perupa senior yang telah berkiprah selama 40 tahun ini mengangkat tema berjudul Retrospeksi.

"Pameran ini mengangkat tema Retrospeksi, yang saya maknai mengaca kembali perjalanan kemarin," Jelas Yon Wahyuono pada Suryamalang.com.

Sembari berkeliling di area pameran, Yon Wahyuono menunjukan karya sesosok wanita dengan latar warna biru yang dia buat pada tahun 1993. "Ini merupakan satu karya saya yang akhirnya mempengaruhi pemilihan warna pada karya-karya selanjutnya," urainya.

Dan betul saja, ketika wartawan Suryamalang.com berkeliling melihat satu persatu karya hampir selalu ada warna biru yang dihadirkan Yon Wahyuono.

Selain karya konvensional pada kanvas, Yon Wahyuono juga memamerkan karya senirupa pada baki makanan yang sudah tidak dipakai.

Pada ruang tengah gedung DKM, mantan dosen IKIP Malang (UM) tahun 1975-1985 ini juga sedang membuat karya instalasi dari limbah plastik.

"Biasanya tiap kali berpameran, saya tidak duduk diam menunggu pengunjung datang, saya lebih senang membuat karya-karya sembari berpameran," jawabnya ketika ditanya soal eksperimen seni yang tengah digarapnya.

Pameran Tunggal pelukis yang telah berpameran di sejumlah kota di Indonesia dan luar negeri ini berlangsung hingga tanggal 25 Oktober 2019. Pada perupa muda Kota Malang, pria berusia 70 tahun berharap agar bisa mewarnai kesenirupaan di Malang, Nasional dan Internasional. 

Penulis: Hayu Yudha Prabowo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved