Kabar Surabaya

Total 1.500 Perantau asal Jatim yang Minggat dari Papua, Belum Ada yang Sudi Kembali

Gelombang eksodus warga Jawa Timur dari wilayah kacau di Wamena, Papua, sudah berakhir.

Total 1.500 Perantau asal Jatim yang Minggat dari Papua, Belum Ada yang Sudi Kembali
hayu yudha prabowo
PENGUNGSI WAMENA - Pengungsi Wamena Papua asal Jawa Timur saat tiba menggunakan pesawat hercules di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rahu (2/10/2019). Sebanyak 120 pengungsi wamena asal jawa timur tiba di Malang untuk kembali ke daerah asal paska kerusuhan di Wamena yang mengakibatkan 33 orang tewas 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gelombang eksodus warga Jawa Timur dari wilayah kacau di Wamena, Papua, sudah berakhir.

Total lebih kurang 1.500 orang yang telah kembali ke tanah Jawa, baik yang menggunakan penerbangan umum maupun pesawat Hercules milik TNI AU. 

"Diharapkan ya kebijakan pemerintah yang ada di sana untuk tetap tinggal di sana. Sementara informasi sekarang ini tidak ada (perantau ingin pulang ke Jawa)," ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jatim, Jonathan Judianto, Senin (21/10/2019).

Ia belum mendapat laporan apakah ada dari perantau yang ingin kembali ke Papua setelah pulang ke Jawa.

Jonathan menambahkan, saat ini masih ada ribuan warga Jawa Timur yang bertahan di Papua dan tak ingin pulang. Baik itu di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan daerah lainnya.

"Itu yang kami belum punya datanya lengkapnya," tegas Jonathan usai rapat dengar pendapat dengan Komisi A DPRD Jawa Timur di Gedung DPRD Jawa Timur.

Seperti diketahui, para perantau berbondong-bondong pulang ke kampung halaman masing-masing pasca terjadi kerusuhan di Wamena, Papua.

Terakhir, 435 orang perantau datang di Transito Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Timur pada Kamis (17/10/2019).

Para perantau tersebut berasal dari 23 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, antara lain  Kabupaten Probolinggo,  Kabupaten Lumajang, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Trenggalek. Sofyan Arif Candra Sakti

Perusuh Wamena Bikin Pria Lumajang Sembunyi 6 Jam Dalam Got, Dua Temannya Tewas

Perempuan 43 Tahun dari Lumajang Tidak Sudi Lagi ke Wamena Meski Masih Punya Harta di Sana

Pagi yang Mencekam di Wamena, Pria Pamekasan Lihat Massa Sengaja Bakar Rumah Meski ada Penghuninya

Cerita Neti Hamil Dua Bulan Mengungsi ke Polres Wamena, Pulang ke Medan Lewat Malang

PENGUNGSI WAMENA - Pengungsi Wamena Papua asal Jawa Timur saat tiba menggunakan pesawat hercules di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rahu (2/10/2019). Sebanyak 120 pengungsi wamena asal jawa timur tiba di Malang untuk kembali ke daerah asal paska kerusuhan di Wamena yang mengakibatkan 33 orang tewas.
PENGUNGSI WAMENA - Pengungsi Wamena Papua asal Jawa Timur saat tiba menggunakan pesawat hercules di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rahu (2/10/2019). Sebanyak 120 pengungsi wamena asal jawa timur tiba di Malang untuk kembali ke daerah asal paska kerusuhan di Wamena yang mengakibatkan 33 orang tewas. (hayu yudha prabowo)
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved