Breaking News:

Pilwali Kota Blitar

Calon Perseorangan Pilwali Blitar 2020 Harus Didukung 11.354 KTP, Ada Beda dengan Pilwali Sebelumnya

KPU Kota Blitar sudah menetapkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan dalam Pilwali Kota Blitar 2020.

Tribun Batam
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - KPU Kota Blitar sudah menetapkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan dalam Pilwali Kota Blitar 2020.

Calon perseorangan harus mengumpulkan dukungan fotokopi KTP elektronik (KTP-el) minimal 11.354 untuk maju dalam Pilwali Kota Blitar 2020.

“Kami sudah menetapkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan dalam rapat pleno internal kemarin,” kata Hernawan Miftakhul Khabib, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (27/10/2019).

Khabib mengatakan penetapan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan berdasar PKPU nomor 3/2017 tentang Pencalonan Kepala Daerah. 

Dalam PKPU itu menyebutkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan yaitu 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pemilu terakhir.

Pemilu terakhir di Kota Blitar, yaitu Pilpres dan Pileg 2019. Jumlah DPT pada Pilpres dan Pileg di Kota Blitar sebanyak 113.544 jiwa.

Berarti 10 persen dari jumlah itu sekitar 11.354 jiwa.

“Daerah yang jumlah DPT-nya di bawah 250.000 jiwa, syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan ditetapkan sebesar 10 persen dari jumlah DPT di Pemilu terakhir,” ujarnya.

Menurutnya, syarat dukungan yang harus dikumpulkan oleh calon perseorangan juga berbeda dengan pelaksanaan Pilwali Kota Blitar pada periode sebelumnya.

Pada Pilwali 2020, calon perseorangan harus mengumpulkan dukungan fotokopi KTP-el yang disertai formulir pernyataan dukungan.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved