CPNS 2019

Cara Selfie untuk Daftar CPNS 2019, Cermati Agar Tak Salah Posisi Pegang KTP & Kartu Pendaftaran

Cara Selfie untuk Daftar CPNS 2019, Cermati Agar Tak Salah Posisi Pegang KTP & Kartu Pendaftaran

Penulis: Frida Anjani | Editor: Adrianus Adhi
Kolase SURYAMALANG/Kompas
Cara Selfie untuk Daftar CPNS 2019, Cermati Agar Tak Salah Posisi Pegang KTP & Kartu Pendaftaran 

SURYAMALANG.COM - Berikut adalah contoh cara selfie yang benar untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di website sscasn.bkn.go.id.

Cermati contoh cara selfie dalam berita berikut ini agar tak salah posisi dalam memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu pendaftaran CPNS 2019.

Jika melihat dari pendaftaran CPNS tahun sebelumnya, foto selfie sambil memegang KTP dan Kartu Informasi AKun atau kartu pendaftaran juga menjadi syarat yang harus diunggah dalam menyelesaikan pendaftaran online. 

Kartu Informasi Akun sendiri adalah tanda bukti pelamar yang sudah melakukan pendaftaran yang mana baru dapat dicetak setelah membuat akun di website website sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran CPNS tahun ini, ketika melakukan pendaftarn ke instansi, pelamar juga diwajibkan untuk mengunggah foto selfie sambil memegang KTP dan kartu informasi akun. 

Melansir dari Kompas.com dalam berita berjudul "Swafoto Pendaftaran CPNS 2019, Bagaimana Ketentuannya?" Kepala Biro Humas Bada Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan mengatakan jika prosedur untuk mengunggah foto selfie sama seperti tahun lalu.

"Sama (seperti tahun lalu). Yang terpenting terlihat muka, KTP, dan Kartu Informasi Akun," tegas Ridwan dikutip dari Kompas.com, Sabtu (02/11/2019).

Tahun lalu, swafoto yang diunggah berukuran maksimal 200kb dengan format .jpeg atau .jpg.

Dilansir dari buku petunjuk teknis pendaftaran CPNS pada portal SSCN tahun lalu, terdapat sejumlah ketentuan foto sebagai berikut:

1. Swafoto (selfie) dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun dengan posisi melebar atau landscape.

2. Apabila pelamar lupa belum mencetak Kartu Informasi Akun, maka pelamar dapat mencetak ulang dengan mengklik tombol "Cetak Ulang Kartu Informasi Akun"

Berikut contohnya:

Contoh swafoto memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN
Contoh swafoto memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN (Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2018/BKN)

Sebagai tambahan informasi, pendaftaran online lewat portal SSCASN dimulai pada 11 November 2019 mendatang.

Tahun ini, instansi yang mendapatkan jatah kursi sebanyak 530 instansi, terdiri dari 68 instansi pusat dan 462 instansi daerah.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved