Malang Raya

Jalur Pendakian ke Gunung Semeru Masih Ditutup Meski Kebakaran Padam Berkat Hujan

Sejauh ini tidak terlihat kepulan asap di kawasan hutan semeru. Sebab pada Sabtu dan Minggu, hujan turun cukup lebat.

Penulis: Aminatus Sofya | Editor: yuli
ist
Kebakaran di lereng Gunung Semeru, Jawa Timur menghanguskan enam hektare lahan yang didominasi pohon Cemara Gunung dan juga ilalang. 

Sejauh ini tidak terlihat kepulan asap di kawasan hutan semeru. Sebab pada Sabtu dan Minggu, hujan turun cukup lebat.

SURYAMALANG.COM - Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS) masih belum membuka jalur pendakian menuju Gunung Semeru. Pendakian di Semeru ditutup total sejak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terbakar pada September 2019.

“Jadi untuk yang Semeru itu kita belum buka karena memang dampak dari kebakaran kemarin kita perlu lihat. Apalagi selama beberapa bulan kering lalu hujan maka kita perlu lihat apakah ada longsoran atau pengaruh lainya,” tutur Humas TNBTS, Syarif Hidayat, Selasa (5/11/2019).

“Beberapa hari kemarin di sekitar ranu pani turun hujan dan sudah tidak terlihat lagi kepulan asap. Dugaan kami kebakaran mungkin sudah padam tapi kita akan pastikan pengecekan personil dilapangan,” katanya.

Syarif menyebut luas hutan yang terbakar berjumlah 131 hektar. Api menghanguskan hutan mulai dari Gunung Kepolo, Arcopodo, Kelik, Watupecah, Waturejeng, Ayek-ayek, dan Pusung Gendero.

Lalu, di Ranu Kumbolo, Pangonan Cilik, Oro-oro Ombo, Watu Tulis, Poo, Kemlamdingan Dowo, Pos 1, Sentong, Pasang Kupluk, Gunung Lanang, Bantengan, Pasangan, dan Ledok Tirem.

“Luas yang terbakar kurang lebih 131 hektar,” ucap dia.

Syarif belum dapat memastikan kapan jalur pendakian akan dibuka. Hasil pantauan secara faktual di lapangan, akan dirapatkan untuk pengambilan keputusan.

“Hasil tracking dari teman-teman akan kami rapatkan. Kita belum bisa memastikan bahwa hujan pertama ini aman. Mungkin aman tetapi hujan berikutnya kita belum bisa menjamin,” tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved