Kota Batu

Mengenang Katjoeng Permadi, Agen Polisi dari Malang yang Dadanya Ditembus Peluru saat Baru Nikah

Mengenang Katjoeng Permadi, Agen Polisi dari Malang yang Dadanya Ditembus Peluru saat Baru Nikah

Mengenang Katjoeng Permadi, Agen Polisi dari Malang yang Dadanya Ditembus Peluru saat Baru Nikah
benni indo
Adegan drama pertempuran yang menceritakan perjuangan AP III Katjoeng Permadi menghadapi Belanda, Rabu (6/11/2019). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Ada hal yang berbeda pada perayaan HUT ke-74 Korps Brimob Polri oleh Satbrimob Polda Jatim kali ini.

Satbrimob Polda Jatim menggelar napak tilas pahlawan kepolisian Agen Polisi III Katjoeng Permadi di Pujon, Kabupaten Malang, Rabu (6/11/2019). Sekadar informasi, Kecamatan Pujon masuk wilayah hukum Polres Batu.

Napak tilas yang diikuti oleh anggota Brimob dan TNI dilakukan dengan melakukan longmarch sejauh  68 kilometer melewati beberapa lokasi mulai dari Kabupaten Jombang - Desa Kemiri - Kecamatan Ngantang - Desa Pandesari dan berakhir di Monumen Perjuangan Status Quo yang berada di Kantor Kecamatan Pujon. Napak tilas digelar sejak tanggal 3 November 2019 hingga 6 November 2019.

Wakapolda Jatim Brigjen Djamaludin mengatakan, napak tilas dan upacara peringatan tersebut sebagai penghargaan untuk mengenang jasa pahlawan Bhayangkara sejati.

Sosok Katjoeng Permadi memiliki andil besar menghalau penjajah dan mempertahankan kemerdekaan RI. Ia berharap seluruh jajaran kepolisian bisa meneladani semangat Katjong Permadi.

Djalamaludin menunjuk sebuah pesan yang terdapat di monumen tempat pertempuran Katjong Permadi. Di situ, ada tulisan: ‘coba renungkan, kematianku untuk siapa’. Kalimat itu tertoreh di bawah Jeep Willys yang berada di monumen Perjuangan Status Quo di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Djamaludin menekankan, agar prajurit Polri memiliki pengabdian, loyalitas, serta dedikasi seperti yang telah dicontohkan Katjoeng Permadi dalam berjuang.

“Untuk itu kita harus bisa mengisi kemerdekaan dengan melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, mengedepankan pelayanan dan melindungi keamanan," katanya, Rabu (6/11/2019).

Djamaludin juga mengapresiasi AKBP Budi Hermanto, Kapolres Blitar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Batu. Budi dinilai menginisiasi mengenal sejarah Katjoeng Permadi saat menjabat sebagai Kapolres Batu.

"Kita harus meniru serta melanjutkan perjuangan mereka. Terima kasih Kapolres Batu yang lama sudah mengaggas hal besar ini," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved