Arema Malang

Hamka Hamzah Pilih Pensiun di Arema FC, Jadwal Padat Liga 1 jadi Salah Satu Faktor Penyebab

Rencana pensiun Hamka Hamzah itu terlontar saat ia memberi pernyataan pers setelah laga Arema FC Vs Madura United, Jumat (8/11/2019)

Hamka Hamzah Pilih Pensiun di Arema FC, Jadwal Padat Liga 1 jadi Salah Satu Faktor Penyebab
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Hamka Hamzah memilih pensiun di Arema FC 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah mengumumkan rencana dirinya untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Rencana pensiun Hamka Hamzah itu terlontar saat ia memberi pernyataan pers setelah laga Arema FC Vs Madura United yang berakhir dengan skor 2-0 di stadion Kanjuruhan, Jumat (8/11/2019).

Hamka Hamzah bahkan menyatakan akan pensiun dari sepak bola nasional sebagai pemain Arema FC.

Gaji Shin Tae-yong jadi Pelatih Timnas Indonesia, Bandingkan Perkiraannya dengan Gaji Luis Milla

BREAKING NEWS - Hamka Hamzah: Saya akan Pastikan Pensiun di Arema FC

Jersey Baru Arema FC Musim 2020 Mulai Dikenalkan Bulan Depan, Catat Tanggal Mainnya

Musim depan tahun 2020 nampaknya akan menjadi tahun terakhir Hamka Hamzah menjadi pemain sepak bola.

Pasalnya, kapten Arema FC itu berencana untuk segera 'gantung sepatu' pada jelang usianya ke 37.

"Tahun depan insyallah saya pensiun. Jadi tahun 2020 itu adalah akhir perjalanan Hamka Hamzah sebagai seorang pemain sepak bola, dan saya pastikan saya pensiun di Arema FC," kata Hamka Hamzah, Jumat (8/11/2019) malam.

Keputusan pensiun diambil kapten Arema FC itu setelah mengakui jika secara fisik dirinya sudah tak mampu tampil fit seperti musim-musim sebelumnya.

Kapten Arema FC, Hamka Hamzah cedera dan kemungkinan bakal absen dalam laga tandang ke Makassar. Foto dokumentasi Hamka Hamzah saat Arema FC dikalahkan PS Tira Persikabo dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gajayana Malang, Sabtu (29/6/2019).
Kapten Arema FC, Hamka Hamzah cedera dan kemungkinan bakal absen dalam laga tandang ke Makassar. Foto dokumentasi Hamka Hamzah saat Arema FC dikalahkan PS Tira Persikabo dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gajayana Malang, Sabtu (29/6/2019). (SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo)

Tak hanya itu, jadwal Liga 1 yang super padat dan hanya berjangka waktu 3-4 hari saja untuk recovery membuatnya harus menyerah menjadi pemain di usianya yang kini menginjak 35 tahun.

"Jadwal saat ini benar-benar mengganggu kebugaran seluruh pemain. Tidak hanya pemain Arema tapi semua klub. Hal ini membuat penampilan pemain tidak efektif, sementara penonton menuntut kami tampil maksimal," kata Hamka Hamzah, Jumat (8/11/2019).

"Apabila Liga musim depan masih begini, mungkin saya menyarankan agar Arema mencari pemain yang lebih muda dan fit. Karena bagi pemain usia 20-30 mungkin waktu recovery yang singkat bisa, tapi kalau pemain 30 tahun ke atas seperti saya, itu sudah tidak mampu. Saya sadar diri," tambahnya.

Kondisi diperparah, karena padatnya jadwal pertandingan, membuat cedera hamstring Hamka kambuh dan sempat tumbang karena sakit tipes.

Ini menjadi salah satu alasan penguat, untuk Hamka pensiun dan ingin menjadi asisten pelatih atau pelatih tim usia muda Arema FC.

BERDARAH - Kapten Arema FC, Hamka Hamzah mendapat perawatan medis usai mengalami pendarahan pada wajah dalam laga dalam laga Grup E, Piala Presiden 2019  melawan Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (4/3/2019). Arema FC menang dramatis atas Barito putera dengan skor 3-2.
BERDARAH - Kapten Arema FC, Hamka Hamzah mendapat perawatan medis usai mengalami pendarahan pada wajah dalam laga dalam laga Grup E, Piala Presiden 2019 melawan Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (4/3/2019). Arema FC menang dramatis atas Barito putera dengan skor 3-2. (hayu yudha prabowo - suryamalang.com)

"Semoga di sisa laga saya bisa memberikan yang terbaik, apalagi saat ini hamstring saya kambuh dan mudah-mudahan tahun depan liga kita bisa lebih teratur," jelas Hamka

Usai pensiun, Hamka berencana untuk melanjutkan karirnya di sepak bola sebagai asisten pelatih atau menjadi pelatih muda yang akan menangani tim usia muda Arema FC.

"Saya berencana jadi asisten pelatih atau kalau tidak jadi pelatih muda di Arema. Saya akan cari bibit-bibit muda di seluruh Malang Raya untuk masa depan tim Arema FC," jelasnya

Penulis: Dya Ayu
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved