Malang Raya

Hasil Penelusuran Bagian Hukum Pemkot Malang, Ternyata Ada Pengurus Baru di Alun-Alun Mall

Menjelang berakhirnya pengelolaan Alun-Alun Mall pada 15 November 2019 ini, ternyata ditemukan fakta tentang adanya kepengurusan baru.

Hasil Penelusuran Bagian Hukum Pemkot Malang, Ternyata Ada Pengurus Baru di Alun-Alun Mall
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana Alun-Alun Mall Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Menjelang berakhirnya pengelolaan Alun-Alun Mall pada 15 November 2019 ini, ternyata ditemukan fakta tentang adanya kepengurusan baru.

PT Sadean Intra Mitra Coorporation (SIMC) sepertinya sudah memindahtangankan ke PT lainnya. Hal itu setelah dilakukan penelusuran ke Kemenkumham di Jakarta.

"Hasil penelusuran di Kemenkumham ternyata ditemukan ada perubahan kepengurusan," jelas Wasto, Sekda Kota Malang, pada SURYAMALANG.COM, Minggu (10/11/2019).

Dengan bekal itu, maka Bagian Hukum melakukan penelusuran lagi alamat pengurus barunya. Sebab PT Sadean Intra Mitra Coorporation (SIMC).

Perubahan itu kalau tidak salah, lanjut Wasto, Desember 2018 atau awal 2018. Soal pindah tangan ke PT lain, Wasto menunggu hasil proses penelusuran soal ontentiknya.

"Semoga bisa melacaknya," harapnya.

Sementara 15 November 2019 tinggal beberapa hari. Meski keberadaan Sadean dan kepengurusan barunya belum jelas, namun ia memastikan secara administrasi bisa saja lewat dari tanggal itu.

Tapi keberlakuan kembalinya aset tetap tanggal 15 November 2019. "Sedang secara administrasi diproses menunggu pengelolanya," jawabnya.

Sementara itu disampaikan jika Ramayana di Mall itu menyewa dari PT Sadean Intra Mitra Coorporation (SIMC). Dijelaskan, Ramayana dan tenant lain menyewa ke PT Sadean Intra Mitra Coorporation (SIMC).

Tapi jika ingin meneruskan, maka akan diberlakukan sewa setelah usai 15 November 2019.

"Tapi hitungannya saya gak tahu. Sangat matematis. Harus ada appraisal yang menentukan besaran sewanya setiap enam bulan. Bulan ketujuh dinilai lagi sewanga sesuai nilai ekonomisnya harus sewa berapa," paparnya.

Masa kerjasama Pemkot Malang dengan pihak ketiga PT Sadean selama 30 tahun. Sebelumnya lokasi itu adalah LP Wanita dan kemudian dibangunkan di Sukun.

Sedang lokasi itu jadi mall. Model BOT (Build Operate Transfer) antara lain terjadi pada MOG.

BOT yaitu model kerjasama pemerintah dengan swasta dalam kurun waktu tertentu di atas lahan pemerintah misalkan dengan membangunkan gedung dan mengelolanya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved