Malang Raya

Sudah Dapat 527 Kuota CPNS 2019, Pemkab Malang Sebut Masih Kurang

Pemerintah Kabupaten Malang mendapat kuota 527 formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Sudah Dapat 527 Kuota CPNS 2019, Pemkab Malang Sebut Masih Kurang
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdanysah. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemerintah Kabupaten Malang mendapat kuota 527 formasi pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Meski jumlah yang didapat setengah dari angka seribu, jumlah itu disebut masih kurang.

"PNS guru dan dokter adalah formasi yang utamanya perlu tambahan. Tapi kami belum bisa berbuat banyak. Soalnya itu kewenangan pusat ya kami dapatnya kuota itu," ujar Bupati Malang, Muhammad Sanusi.

Pada sektor guru, Sanusi mengatakan masih mengandalkan jasa guru tidak tetap (GTT).

Guna memaksimalkan kualitas pendidikan, Sanusi akan berupaya supaya gaji GTT minimal setara dengan upah minimum kabupaten (UMK).

Di sisi lain, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdanysah menerangkan kekurangan PNS di lingkungan Pemkab Malang sudah terjadi sejak periode pengangkatan pada tahun 2013.

Rata-rata jumlah PNS yang pensiun sebanyak 800–900 orang per tahun.

Nurman menyebut idealnya pemkab membutuhkan 6.300 tambahan tenaga PNS.

Nurman tak memungkiri bahwa belum ada solusi yang paling solutif. Selain rekrutmen tenaga kontrak yang dilakukan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

”Kalau secara gaji kami sanggup (menggaji tenaga honorer), tapi secara profesionalitas kami baru bisa mendorong integritas kinerja mereka ketika sudah berstatus sebagai PNS,” jelas Nurman.

Sebagai informasi, permohonan Pemkab Malang di CPNS 2019 sebanyak 600 kursi.Tapi, hanya mendapat  527 kuota yang disediakan.

Dari jumlah tersebut tenaga pendidik. Jumlahnya mencakup 254 formasi. Sementara di posisi kedua dan ketiga ditempati oleh tenaga teknis dengan kuota 171 dan 102 kursi untuk tenaga di bidang kesehatan.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved