Malang Raya

Apa Kabar Situs Sekaran Peninggalan Kerajaan Singhasari? Inilah Sikap Terbaru Pemkab Malang

Situs Sekaran berada di Km 37+700 tol Pandaan-Malang, di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Pakis, Kabupaten Malang dan diduga dari masa Singhasari.

Hayu Yudha Prabowo
SITUS SEKARAN - Tim dari Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan pemetaan dan penelitian di Situs Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (11/4/2019). Balai Arkeologi Yogyakarta melakukan penelitian penjajagan situs yang diduga dari masa pra Majapahit ini untuk mencari lapisan budaya dengan ekskavasi vertikal. 

SURYAMALANG.COM, PAKIS - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara, akan menyerahkan pengelolaan situs sekaran ke Pemerintah Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis. Desain atap situs Sekaran sudah diserahkan.

Kini, di lokasi tersebut belum juga dibangun atap sekaligus pagar pembatas. Adanya pembatas dirasa tepat guna melindungi eksistensi situs.

"Pemerintah Kabupaten Malang telah berkomitmen melindungi dan melestarikan situs Sekaran," beber Made ketika dikonfirmasi, Jumat (15/11/2019).

Made menambahkan, Situs Sekaran diproyeksikan sebagai destinasi budaya.

"Saat ini memang menunggu desain yang dibuat oleh Pemdes Sekarpuro. Mereka sekalian nanti yang akan mengelola sebagai destinasi budaya yang dimiliki," ungkap Made.

Sebagai informasi, Situs Sekaran berada di Km 37+700 tol Pandaan-Malang, di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Situs tersebut ditemukan sekitar bulan Maret 2019.

Ada temuan sebuah altar tepat di belakang paduraksa. Pada zaman itu, altar merupakan tempat menaruh sesajen maupun arca. Altar yang ditemukan berbentuk persegi berukuran 2x2 meter dan terletak 5 meter tepat di belakang paduraksa dari masa Kerajaan Singhasari.

Candi Patakan Lamongan Diduga Lebih Tua Dari Situs Sekaran Malang, Temuan Menarik dari Arkeolog BPCB

Situs Sekaran Terbengkalai, Pemkab Malang Tak Bisa Berbuat Karena Tanah Belum Dihibahkan

Biaya Tol Malang-Pandaan Bengkak Rp 100 Miliar, Hindari Situs Sekaran Peninggalan Kerajaan Singasari

Balai Arkeologi Yogyakarta Kesulitan Rekonstruksi Situs Sekaran di Kabupaten Malang

BENDA PURBAKALA - Benda diduga ambang pintu candi menyembul pada areal sawah di Dusun Curah Ampel, Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (19/9/2019). Sebanyak tiga benda purbakala yang telah lama diketahui warga berjarak satu kilometer dari Situs Sekaran yang dipisahkan ruas jalan tol Malang Pandaan seksi V.
BENDA PURBAKALA - Benda diduga ambang pintu candi menyembul pada areal sawah di Dusun Curah Ampel, Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (19/9/2019). Sebanyak tiga benda purbakala yang telah lama diketahui warga berjarak satu kilometer dari Situs Sekaran yang dipisahkan ruas jalan tol Malang Pandaan seksi V. (hayu yudha prabowo)
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved