Kota Batu Uji Coba Aspal Cold Mix, Ikuti Tuban, Bali, Madura dan Pacitan

Pemkot Batu berencana menggunakan aspal cold mix di jalanan utama kota. Dinas PUPR Kota Batu telah melakukan uji coba pemakaian aspal cold mix

Kota Batu Uji Coba Aspal Cold Mix, Ikuti Tuban, Bali, Madura dan Pacitan
SURYA Malang/Benni Indo
Proses penggunaan aspal cold mix di kawasan Jl Raya Tlekung, Kota Batu, Kamis (21/11/2019) 

SURYAMALANG.COM, BATU – Pemkot Batu berencana menggunakan aspal cold mix di jalanan utama kota. Dinas PUPR Kota Batu telah melakukan uji coba pemakaian aspal cold mix di kawasan Jl Raya Tlekung, Kamis (21/11/2019).

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Batu, Munsif Fanani menjelaskan, pemilihan aspal cold mix karena memiliki banyak keunggulan, selain awet, juga cocok dengan suhu di Kota Batu yang dingin.

"Bisa digelar dengan suhu yang dingin serta bisa ditandon jika coldmix masih tersisa," ungkapnya, Kamis (21/11/2019).

DPUPR Kota Batu melakukan uji coba coldmix dari PT Triasindomix. Aspal cold mix yang diujicoba dibuat dengan ketebalan 1 cm untuk memperbaiki jalan berlubang di Kota Batu.

Diterangkan Munsif, kondisi itu berbeda dengan hotmix yang harus memiliki ketebalan 4 cm sehingga cenderung meninggalkan jejak gundukan pasca dilakukan perawatan jalan.

"Uji coba kami lakukan dengan total berat 15 ton untuk panjang 50 meter dan lebar 3 meter dalam kurun waktu 3 bulan," terangnya.

Jika dari uji coba ini didapatkan hasil yang ideal, khususnya ketahanan terhadap suhu dan berat kendaraan yang melintas, maka Pemkot Batu akan menggunakan aspal cold mix untuk sejumlah ruas jalan lainnya.

Aspal cold mix yang beberapa waktu ini telah digunakan di  Provinsi Bali, Pulau Madura, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Tuban.

Penulis: Benni Indo
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved