Breaking News:

Malang Raya

Menengok Gelaran Paralayang Trip of Indonesia (TROI), Kemenpora Sarankan Perbaiki Fasilitas

Sebanyak 250 atlet dari segala penjuru tanah air bertanding untuk enam kategori Paralayang Trip of Indonesia (TROI) di Pantai Modangan Malang

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Pantai Modangan menjadi tuan rumah event paralayang bertaraf nasional bertajuk Paralayang Trip of Indonesia (TROI) 2019, Jumat (22/11/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pantai Modangan menjadi tuan rumah event paralayang bertaraf nasional bertajuk Paralayang Trip of Indonesia (TROI) 2019, Jumat (22/11/2019).

Sebanyak 250 atlet dari segala penjuru tanah air bertanding untuk enam kategori yakni senior putra, senior putri, junior putra, junior putri, tandem, serta master.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara mengatakan, kejuaraan ini adalah kali kedua dihelat di pantai yang berlokasi di Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang itu.

Made menilai, spot paralayang yang berada di Pantai Modangan merupakan salah satu aset destinasi wisata unik.

Di sana terdapat tabing yang menghadap langsung ke pantai. Sehingga cocok untuk dilaksanakannya olahraga paralayang.

"Sebagaimana instruksi dari Kementerian Pariwisata,  kami juga diminta untuk mengembangkan potensi sport tourism, di Kabupaten Malang salah satunya ya paralayang ini. Pantai Modangan adalah venue yang tepat," ungkap Made di lokasi acara.

Sementara itu, Pemkab Malang menargetkan, pada tahun 2020 mendatang disektor pariwisata di Pantai Modangan akan diperbaiki lagi.

Industri pariwisata di sekitar Pantai Modangan menurut Made juga mulai bergeliat.

"Persiapan kami untuk tahun 2020 mendatang sudah mulai kami persiapkan mulai dari segi aksesibilitas, fasilitas penunjang seperti homestay, akses air bersih dan sarana penunjang lainnya," beber Made.

Turut hadir di Pantai Modangan, Sekretaris Deputi Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Suryati.

Suryati menerangkan, ada sejumlah pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten Malang apabila ingin Pantai Modangan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Salah satunya, fasilitas penunjang.

"Ke depan supaya lebih ditingkatkan lagi oleh pemerintah daerah. Seperti fasilitas infrastruktur akses jalan. Fasilitas di sini sudah cukup meningkat jika dibandingkan dengan kompetisi yang sama tahun lalu," kata Suryati.

Di sisi lain, Ketua FASI Provinsi Jawa Timur Arief Erwin W mengatakan, TROI dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun.

"Jumlah pesertanya yang terbanyak dibanding seri yang sebelumnya, biasanya 130 orang itu standartnya jumlah peserta. Di sini itu sangat layak mau angin dari mana saja bisa terbang. Lalu  aktifitas paralayang bisa dilakukan mulai pukul 07.00 sampai 17.00 atau 10 jam. "Tiga hari bisa 6 round kami selesaikan," ungkap Arief. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved