Malang Raya

Point Penting Penilaian LSS Berkarakter yaitu 4C

Tim Juri dari Provinsi Jawa Timur tersebut pertama mengunjungi kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, di jalan Veteran Kecamatan Lowokwaru

SURYAMALANG.COM/Bela Ayu Kurni Putri
Suasana saat penerimaan Tim Juri LSS Berkarakter di kantor Dinas Pendidikan Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM,KLOJEN - Ada 4 anggota Tim Juri Lomba Sekolah Sehat (LSS) Berkarakter dari Provinsi Jawa Timur tiba di Kota Malang untuk melakukan penilaian terhadap peserta Lomba Sekolah Sehat (LSS) Berkarakter yang dari Kota Malang diwakili oleh SMP Negeri 3 Malang.

Tim Juri dari Provinsi Jawa Timur tersebut pertama mengunjungi kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, di jalan Veteran nomer 19 Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Senin (25/11/2019).

Eka Ananda, ketua Tim Juri mengatakan bahwa point-point penting dalam penilaian LSS Berkarakter ini tertuang dalam 4C yaitu Karakter,Kolaborasi, Kreativitas dan Komunikasi.

“Memperkuat berfikir kritis(critical thinking) punya kemampuan berkomunikasi yang baik (Communication), terus juga pandai dalam berkolaborasi (Collaboration) dan yang terakhir kreativitas (Creativity),” ujarnya.

Menurut Eka point terkahir yaitu kreativitas merupakan point yang penting apalagi Menteri Pendidikan Indonesia yaitu Nadiem Makarim merupakan orang yang bergerak dalam bidang kreatif dan pastinya Nadiem Makarim akan membuat gebrakan-gebrakan kreatif untuk Pendidikan di Indonesia.

Selanjutnya, Eka juga menjelaskan bahwa LSS Berkarakter ini mempunyai tujuan tidak hanya untuk menyiapkan anak-anak Indonesia untuk menjadi pemimpin di negaranya sendiri, namun juga untuk menjadi pemimpin di dunia.

“Mereka dengan kualitas yang cukup mereka cerdas, beriman,bertakwa,dan berkarakter dan sehat instaAllah tidak hanya sekedar menjadi pemimpin di Indonesia tapi mungkin mudah-murahan menjadi pemimpin di Internasional,” terangnya.

Setelah memberikan sambutan, Eka kemudian berkeliling kantor Dinas Pendidikan Kota Malang ditemani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM.

Pertama-tama melihat-lihat UKS Yang ada di kantor Dinas Pendidikan kemudian melanjutkan berkeliling ke halaman belakang kantor untuk melihat urban farming.

Setelah itu Tim Juri LSS Berkarakter bertolak menuju SMP Negeri 3 Malang untuk melakukan penilaian.

Di SMP Negeri 3 Malang tim juri LSS Berkarakter ditemani siswa-siswa SMP Negeri 3 Malang untuk berkeliling sekolah,tak hanya menemani, siswa-siswa tersebut juga menjelaskan tentang apa saja yang ada di sekolah mereka, seperti menjelaskan pojok literasi dan juga adanya Listrik Surya Atap(LSA) yang mereka miliki.

Sementara itu, ditemui seusai acara penerimaan Tim Juri LSS Berkarakter, Drs H Sutiaji, Wali Kota Malang mengatakan bahwa Kota Malang siap menang dan juga siap untuk mewakili Provinsi Jawa Timur di tingkat Nasional.

“Kita siap untuk menang, jadi tiap anak memang tidak harus jago semua hal, tapi paling tidak setiap anak bisa sedikit-sedikit gitu jadi menguasai,” ujar Sutiaji.

Penulis: Bella Ayu Kurnia Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved