Malang Raya

Rumah Pintar Pemilu Nasional Kedua Direncanakan Hadir di Kota Batu, Dibangun di Jatim Park 1

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Batu, Marlina menjelaskan telah ada MoU antara KPU RI dan Jatim Park Group terkait dibangunnya RPPN.

SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Foto Dok. Jatim Park 1. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu berencana membangun Rumah Pintar Pemilu Nasional (RPPN) di Jawa Timur Park 1 

SURYAMALANG.COM, BATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu berencana membangun Rumah Pintar Pemilu Nasional (RPPN) di Jawa Timur Park 1.

Jika terlaksana, maka keberadaan RPPN di Jatim Park 1 menjadi yang kedua setelah Yogyakarta.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Batu, Marlina menjelaskan telah ada MoU antara KPU RI dan Jatim Park Group terkait dibangunnya RPPN.

Pembangunan RPPN itu rencananya ditempatkan di wahana Kantor Pos yang berada di Jatim Park 1.

"Wisata edukasi ada di Jatim Park 1, maka akan ditempatkan di sana. Tempatnya yang saat ini menjadi wahana Kantor Pos,” ujar Marlina, Senin (25/11/2019).

RPPN akan menjadi tempat pembelajaran yang ideal bagi masyarakat, termasuk juga wisatawan luar kota yang berkunjung ke Kota Batu.

Nantinya, akan ada ruang visualisasi yang memiliki 15 laptop layar sentuh.

Laptop itu digunakan digunakan untuk mengisi kuesioner. Warga bisa mengisi kuesioner dan akan mendapatkan nilai di akhir.

Selain itu juga akan ada ruang simulasi yang diisi sejumlah TPS.

"Ruang terakhir akan kami isi dengan ruang diskusi dan edukasi. Di sana akan diisi trainer evaluasi, buletin, buku, dan jurnal. Bulan depan ini Insya Allah sudah launching," imbuh Marlina.

Assistent Operasional Manager Jatim Park 1, Eddy Suyanto mengatakan pihaknya sudah mengetahui rencana akan diadakannya wahana baru yang bekerjasama dengan KPU.

Lokasi berada di titik yang saat ini menjadi wahana Kantor Pos.

“Kami sudah mendengar rencana itu,” terang Eddy saat dikonfirmasi.

Diterangkan Eddy, wahana Kantor Pos memiliki koleksi yang berkaitan dengan kantor pos, seperti perangko. Namun saat ini, koleksinya masih belum lengkap. Jatim Park 1 pun berencana merekondisi wahana Kantor Pos.

“Kami akan merekondisi. Namun saya tidak tahu nanti bagaimana bentuknya bersama wahana dari KPU,” ungkapnya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved