Kota Batu

Dana Rp 2,5 M Dikucurkan untuk Membangun Perpustakaan Baru di Kota Batu pada 2020 Mendatang

Pemkot Batu terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Pemkot Batu pun berencana membuat perpustakaan umum pada 2020.

Dana Rp 2,5 M Dikucurkan untuk Membangun Perpustakaan Baru di Kota Batu pada 2020 Mendatang
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Seorang pelajar sedang membaca buku di perpustakaan yang berada di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Pemkot Batu pun berencana membuat perpustakaan umum pada 2020.

Perpustakaan umum ini bakal dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 sebanyak Rp 2,5 miliar.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, rencana pembangunan perpustakaan kota merupakan kewajiban untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat. Punjul menegaskan, perilaku membaca dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Tahun depan, pembangunan perpustakaan kota menjadi program prioritas Pemkot Batu," ujar Punjul, Rabu (27/11/2019).

Dengan adanya perpustakaan kota, diharapkan bisa menjadi stimulan agar masyarakat gemar membaca. Rencananya perpustakaan tersebut akan ditempatkan di bangunan aset Pemkot Batu.

Rencananya, di bekas gedung Dinas Perumahan, Kawasan, Permukiman dan Pertanahan Kota Batu di Jalan Kartini.

"Nanti kami akan manfaatkan aset milik Pemkot Batu dengan sistem pinjam pakai. Kemudian tinggal melalukan renovasi dan melengkapi beberapa fasilitas yang dibutuhkan," bebernya.

Dengan adanya fasilitas tempat membaca di pusat Kota Batu ini menjadi perpustakaan kota kedua setelah perpustakaan kota yang ada di Lantai 2 dan 3 Gedung C Balai Kota Among Tani Batu.

Dengan dibangunnya perpustakaan yang dekat dengan Alun-Alun Kota Batu juga diharapkan mampu menambah fasilitas edukasi di pusat Kota Batu. Selain Taman Baca Masyarakat (TBM) Bondas yang ada taman kota.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Batu, Erwan Pujo Fiatno mengakui jika untuk saat ini kepedulin literasi di Kota Batu masih terbilang rendah jika di banding dengan Kota lain. Padahal upaya peningkatan itu terus dilakukan melalui pembinaan komunitas pembaca masyarakat (KPM).

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved