Malang Raya

Peningkatan Pendidikan Karakter & Sistem Zonasi Jadi Fokus Dinas Pendidikan Kota Malang pada 2020

Peningkatan pendidikan karakter dan perbaikan sistem zonasi menjadi fokus utama Dinas Pendidikan Kota Malang di tahun 2020 mendatang

SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang Dra Zubaidah MM 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Peningkatan pendidikan karakter dan perbaikan sistem zonasi menjadi fokus utama Dinas Pendidikan Kota Malang di tahun 2020 mendatang.

Penguatan pendidikan karakter lebih ditekankan dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM banyak memperoleh ilmu tentang pendidikan karakter ketika sedang melakukan studi banding ke Jepang beberapa hari yang lalu bersama Wali Kota Malang.

Di sana, dia takjub dengan anak-anak di Jepang yang memiliki sikap sopan santun dan moral yang baik terutama kepada orang yang lebih tua.

Untuk itu, di tahun 2020 mendatang, Zubaidah ingin mendorong, supaya nilai tata krama dan sopan santun bisa menjadi sebuah kebiasaan para siswa.

Seperti memperbaiki akhlak, moral dan karakter para siswa supaya menjadi pribadi yang lebih baik.

"Penanaman sejak dini itu yang harus ditanamkan. Contohnya seperti salaman ketika bertemu dengan guru. Menududuk ketika jalan di depan guru atau orang yang lebih tua. Ini yang harus dibiasakan," ucapnya Kamis (28/11/2019).

Dalam waktu dekat ini, Zubaidah akan meminta kepada setiap sekolah, untuk mulai membiasakan para siswa untuk antre dengan baris berbaris sebelum memasuki kelas.

Hal itu dilakukan, agar nantinya tidak ada budaya tidak sabaran, yang kini sering sering dijumpai di jalanan.

Apabila aturan tersebut diterapkan, Zubaidah yakin, anak-anak akan memiliki sifat sabar dalam mengantre dan lebih tertib.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved