Link Download Buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck, Karya Hamka, Berlatar Belakang Adat Minangkabau

Berikut ini link download buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck yang ditulis olek Hamka alias Haji Abdul Malik Karim Amrullah.

Link Download Buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck, Karya Hamka, Berlatar Belakang Adat Minangkabau
wikipedia
link download buku tenggelamnya kapan Van der Wijck 

SURYAMALANG.COM - Berikut ini link download buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck yang ditulis olek Hamka alias Haji Abdul Malik Karim Amrullah.

Link download buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck bisa dilihat di akhir berita ini.

Untuk informasi, buku Tenggelamnya Kapal van Der Wijck sendiri telah dijadikan diangkat ke layar lebar.

Novel ini mengisahkan persoalan adat yang berlaku di Minangkabau dan perbedaan latar belakang sosial yang menghalangi hubungan cinta sepasang kekasih hingga berakhir dengan kematian.

Novel ini pertama kali ditulis oleh Hamka sebagai cerita bersambung dalam sebuah majalah yang dipimpinnya, Pedoman Masyarakat pada tahun 1938.

Dalam novel ini, Hamka mengkritik beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat pada saat itu terutama mengenai kawin paksa.

Kritikus sastra Indonesia, Bakri Siregar menyebut Tenggelamnya Kapal van der Wijck sebagai karya terbaik Hamka, meskipun pada tahun 1962 novel ini dituding menjiplak karya Jean-Baptiste Alphonse Karr berjudul Sous les Tilleuls (1832).

Diterbitkan sebagai novel pada tahun 1939, Tenggelamnya Kapal van der Wijck terus mengalami pencetakan ulang sampai sekarang.

Novel ini juga diterbitkan dalam bahasa Melayu sejak tahun 1963 dan telah menjadi bahan bacaan wajib bagi siswa sekolah di Indonesia dan Malaysia.

Menurut Yunan Nasution, salah satu karyawan majalah tersebut, ketika majalah itu dikirimkan ke Kutaraja, Aceh (kini Banda Aceh), banyak pembaca yang telah menunggu di stasiun kereta api agar bisa membaca bab berikutnya secepat mungkin.

Halaman
123
Penulis: Raras Cahyaning Hapsari
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved