Kota Batu

Agar Prestasi Tak Turun, Ketua KONI Kota Batu Desak Pengurus Cabor Perbaharui Pengelolaan Organisasi

Agar Prestasi Tak Turun, Ketua KONI Kota Batu Desak Pengurus Cabor Perbaharui Pengelolaan Organisasi

Penulis: Benni Indo | Editor: eko darmoko
KONI Kota Batu
KONI Kota Batu menggelar kegiatan peningkatan sumber daya manusia pengurus cabang olahraga dan pengurus KONI Kota Batu tahun 2019 bertempat di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan itu diikuti 28 cabor dan 3 Korcam. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Ketua Umum KONI Kota Batu, Mahfud menegaskan agar seluruh pengurus cabang olahraga (Cabor) mengubah pola pemikiran lama dalam hal pengelolaan organisasi. Desakan itu dilontarkah Mahfud agar prestasi atlet Kota Batu bisa terus meningkat.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan KONI Kota Batu, mantan pengurus FASI Kota Batu itu mengambil contoh perkembangan Cabang Olahraga (Cabor) Paralayang di Kota Batu. Cabor Paralayang berhasil meraih juara umum saat Porprov di Banyuwangi. Saat Porprov di Tuban, prestasi juara umum gagal dipertahankan sekalipun atlet banyak mendapatkan sejumlah medali.

“Artinya prestasi selalu bergulir dan berproses. Mari kita berproses bersama, jaga kekompakan. Kalau tidak mau mengubah mindset lama dalam mengelola organisasi, prestasi kita akan disalip yang lain,” ujar Mahfud dalam pembukaan Peningkatan Sumberdaya Manusia, Pengurus Cabang Olahraga dan Pengurus KONI Kota Batu tahun 2019 yang dilaksanakan di Tawangmangu, Sabtu (30/11/2019) malam.

Selain meminta agar pengurus Cabor mengubah pola manajemen organisasi, Mahfud juga meminta agar pengurus cabor melakukan dua hal yakni meningkatkan kekompakan diinternal cabang olahraga dan meningkatkan kekompakan dengan KONI serta jangan menerapkan konsep one man show, karena semua kinerja harus dilakukan dengan cara kerja sama.

Satu hal lagi yang harus dilakukan oleh pengurus cabor adalah tertib organisasi. Dimulai dari penyusunan program tahunan dan tertib mempertanggungjawabkan anggaran.

Lebih lanjut Mahfud menjelaskan bahwa KONI Batu akan melakukan diseminasi olahraga prestasi untuk penguatan pendidikan karakter kepada seluruh Kepala Sekolah yang ada di Kota Batu.

“Akan kami perkenalkan cabang olahraga di Kota Batu kepada sekolah-sekolah,” kata Mahfud.

Mahfud juga melaporkan bahwa KONI Kota Batu sudah membentuk Rakorcam pada tiga kecamatan yang ada di Kota Batu.

“Karena sesuai dengan amanat AD ART, kita harus menyelenggarakan Pekan Olahraga Tingkat Kota pada  tahun 2020, karena GUbernur Jatim, Ibu Khofifah dalam pembukaan Porprov Jatim tahun 2019 lalu mengatakan bahwa Porprov akan dilaksanakan dua tahun sekali, artinya pada tahun 2021 Porprov akan dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu Dewan Kehormatan KONI Kota Batu, Didik Mahmud meminta agar pengurus Cabor setiap tahun harus membenahi manajemen organisasi, karena tuntutan pertanggungjawaban anggaran sangat ketat.

“Satu lagi yang harus ditegaskan adalah kebersamaan, kekompakan dan harus satu persepsi, kalau tidak pasti akan gegeran dan prestasi tidak akan diraih,” ujar anggota DPRD Kota Batu dari Partai Golkar ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nur Rohman juga berharap KONI Batu memiliki keseriusan membentuk SDM yang unggul. Nur Rohman juga mengingatkan agar acara yang digelar di Tawangmangu, Kabuapten Karanganyar tidak sekadar acara seremonial semata.

“Jadi tidak hanya sebatas acara seremonial semata. KONI harus bisa membentuk SDM yang unggul,” ungkap Nur Rohman, Minggu (1/12/2019).

Sekedar diketahui untuk meningkatkan kekompakan antar pengurus Cabor, KONI Kota Batu menggelar kegiatan peningkatan sumber daya manusia pengurus cabang olahraga dan pengurus KONI Kota Batu tahun 2019 bertempat di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kegiatan itu diikuti 28 cabor dan 3 Korcam.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved