Kesehatan

Ada Peluang Tertular Virus HIV saat Bercinta Meskipun Pakai Kondom, Berikut Penjelasannya

Kondom sering kali digunakan seseorang untuk menghindari terjadinya pembuahan atau penyakit menular seksual saat bercinta

Ada Peluang Tertular Virus HIV saat Bercinta Meskipun Pakai Kondom, Berikut Penjelasannya
netdoctor.cdnds.net
Kondom (Ilustrasi) 

SURYAMALANG.COM - Kondom sering kali digunakan seseorang untuk menghindari terjadinya pembuahan atau penyakit menular seksual saat bercinta.

Namun dalam fungsinya untuk mencegah penyakit menular seksual, ternyata kondom tidak bekerja secara 100 persen.

Dalam laman kompas.com, Dr Andrie Ronggani, Sp OG (Obstetri dan Ginekologi), membenarkan jika penggunaan kondom dapat bekerja efektif untuk mencegah penyakit menular seksual, terlebih jika mereka yang menggunakan sering bergonta-ganti pasangan.

Namun, efektivitas tersebut tidak berjalan dengan maksimal dalam mencegah penularan HIV.

"Untuk HIV (human immunodeficiency virus), (efektivitas kondom) dikatakan 80-90 persen oke. Sisanya masih beresiko tertular," kata Andrie seperti yang dikutip kompas.com.

Mengapa bisa kondom tidak bekerja maksimal dalam pencegahan penyakit menular seksual?

Dalam sebuah studi di Amerika Serikat, menunjukan jika pori-pori pada kondom lebih besar ukurannya dibanding ukuran virus HIV.

Peneliti dari National Institutes of Health telah menguji sebuah butiran polystyrene bercahaya yang berukuran 110 nano meter (sama dengan virus HIV) untuk dilewatkan pada kondom.

Hasilnya, 29 dari 89 kondom dapat dilalui oleh butiran polystyrene tersebut, itu artinya pori-pori kondom masih bisa dilewati oleh virus HIV.

Namun meskipun begitu, peneliti menegaskan jika penggunaan kondom masih tetap bisa melindungi 10 kali lipat dibandingkan dengan tak menggunakannya sama sekali

Artinya, kondom bisa mengurangi kemungkinan tertularnya penyakit menular seksual meskipun tidak 100 persen.

Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved