Breaking News:

Malang Raya

Disnaker Kabupaten Malang Kini Punya Gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA)

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang resmi memiliki Gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA). Gedung tersebut diisi oleh sejumlah instansi.

SURYAMALANG.COM/M Erwin
Bupati Malang, Sanusi, dalam acara peresmian Gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA), Kamis (26/12/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang resmi memiliki Gedung Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA). Gedung tersebut diisi oleh sejumlah instansi. Lokasinya berada di Block Office, Kepanjen.

Di antaranya, Dinas Kesehatan, BPJS, Polres Malang, BNI, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI).

Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyebut, gedung LTSA bisa jadi solusi bagi masyarakat mengemat waktu dalam pengurusuan administrasi.

Sanusi memastikan, pelayanan yang diberikan dapat membantu dan tidak ribet.

"Masyarakat cukup datang ke sini. Nanti izin-izin sudah selesai. Dibikin satu tempat agar masyarakat tak ribet ke sana kemari," ujar Sanusi saat​ resmikan gedung LTSA, Kamis (26/12/2019).

Sanusi mewanti-wanti pelayanan adiministrasi di LTSA harus mengakomodasi masyarakat secara baik. Tak terkecuali bagi calon Pekerja Migran Indonesia.

"Kalau sekarang siap ya harus dimulai," beber pengusaha tebu itu.

Politisi PKB itu ingin nantinya akan muncul Industri Kecil Menengah tumbuh dari tangan dan pemikiran kreatif dari para purna Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Bagi para PMI tolong duitnya ditabung jangan dihabiskan sekaligus. Sehingga nanti ke depan tidak perlu kembali lagi. Di sini bisa jadi juragan,” kata pria yang pernah menjadi guru bahasa inggris itu.

Di sisi lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo menuturkan, Kabupaten Malang menduduki urutan ketiga sebagai pengirim PMI terbanyak di Jawa Timur.

Menurutnya, bekerja di luar negeri masih jadi primadona bagi masyarakat Kabupaten Malang.

LTSA bisa memudahkan para PMI mendapat pelayanan​ yang layak, akuntabel dan transparan.
.
“LTSA bertujuan agar perlindungan tergahadap PMI benar-benar dapat dinyatakan manfaatnya. Selain itu, hal ini sesuai dengan UU nomor 18 tahun 2017 mengenai perlindungan terhadap PMI. Layanan ini juga menguntungkan CPMI agar terhindar dari biaya lain yang berlebihan,” kata Yoyok. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved