Malang Raya

Tenaga Angin Bisa Jadi Sumber Energi Penerangan Jalan Tol, Inovasi Mahasiswa UMM

Produk ini karya mahasiswa Teknik Industri. Prototypenya terdiri dari baling-baling sebagai sumber penangkap energi, controller yang dipadukan sensor

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
ILUSTRASI. Pintu tol Pakis dari jalan tol Malang Pandaan. Tenaga angin di sepanjang jalan tol bisa digunakan sebagai sumber energi atau listrik untuk dijadikan penerangan 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Penerangan jalan yang minim di jalan tol menjadi insipirasi inovasi penggunaan tenaga angin menjadi sumber penerangan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Mereka membuat prototipe bernama "Winner Street Light".

"Idenya dari melihat jalan tol Malang-Pandaan yang minim cahaya lampu," jelas M Noor Fajar, penemunya, Selasa (7/1/2020).

Dikatakan, energi angin yang dihasilkan dari kendaraan yang bergerak bisa dipakai untuk membuat teknologi ini dan membantu penerangan jalan tol buat pengendara jalan tol.

Produk ini karya mahasiswa prodi Teknik Industri. Prototype ini terdiri dari baling-baling sebagai sumber penangkap energi, controller yang dipadukan sensor cahaya dan lampu LED.

Hasil energi terbarukan ini bisa menghasilkan hingga 12 volt tenaga listrik.

Hasil karya mahasiswa itu dipamerkan dalam pengembangan produk dengan tema lingkungan “Go Green”, Selasa (7/1/2020) di kampus UMM.

Dengan tema itu, maka mahasiswa adu karya menghasilkan inovasi.

Seperti “Plastic Vending Machine”, yakni alat penukar sampah plastik ke dalam nilai tukar uang dll.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan ini yang bekerjasama dengan Laboratorium Teknik Industri UMM.

Di acara ini, mahasiswa semester 5 membuat inovasi sebagai akhir dari mata kuliah Perancangan Pengembangan Produk (P3).

Ada 23 produk dipamerkan dalam bentuk prototipe. Shanty Kusuma Dewi, Kepala Lab Teknik Industri UMM menyatakan penilaian inovasi terdiri dari desain produk, produk terbarukan, kelompok favorite, poster dan banner.

Tak hanya dipamerkan, namun mahasiswa akan dibimbing agar karyanya diajukan ke Kemendikbud untuk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). 

Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved