Breaking News:

Kota Batu

Kota Batu Siaga Hadapi Bencana Alam

Muspida Kota Batu pohon jenis buah Duku dan berbagai macam pohon lain di kaki Gunung Panderman, Rabu (8/1/2020).

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Petugas Polri dan BPBD Kota Batu simulasi evakuasi korban terdampak bencana saat gelar apel siaga darurat bencana di Oro-oro Ombo, Kota Batu, Rabu (8/1/2020). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU -  Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama Forkopimda melaksanakan penanaman pohon jenis buah Duku dan berbagai macam pohon lain di kaki Gunung Panderman, Rabu (8/1/2020).

Penanaman pohon dilakukan usai melaksanakan apel siaga bencana di Area Model Konservasi dan Edukasi (AMKE) Desa Oro-Oro Ombo.

Sekitar 500 bibit pohon disiapkan untuk penghijauan sebagai implementasi arahan kebijakan Presiden dan Kapolri tentang dukungan penghijauan lingkungan.

Dikatakan Dewanti, penanaman pohon juga sebagai upaya untuk mengurangi potensi bencana, khususnya bencana longsor..

“Di Kota Batu sangat beresiko terjadi longsor karena kontur dan gemburnya tanah. Kami dengan seluruh masyarakat dibantu TNI/Polri melaksanakan penghijauan di kaki Gunung Panderman,” ujar Dewanti kepada SURYAMALANG.COM.

Diterangkan Dewanti, tanah longsor, tanah ambles, angin kencang dan banjir masih menjadi ancaman saat musim penghujan di wilayah Kota Batu.

Karena itu Pemkot Batu menetapkan siaga darurat bencana sejak Desember 2019 hingga 30 April 2020.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim menerangkan, darurat bencana itu ada tiga terdiri atas siaga darurat, bencana darurat, dan transisi darurat.

Saat ini, Kota Batu masuk kategori siaga darurat.

“Ketika ada ancaman potensi bencana, di fase inilah masuk siaga darurat. Jadi ketika ketika pemicu kelihatan masuk siaga. Kota Batu masuk kategori ini,” paparnya.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved