Gerhana Bulan di Malang

Gerhana Bulan Penumbra Bisa Dilihat di Malang dan Kota Batu dengan Mata Telanjang, Ini Syaratnya

Gerhana Bulan Penumbra dapat dilihat di sebagian besar wilayah Jawa Timur termasuk wilayah Malang dan Kota Batu (Malang Raya).

Editor: eko darmoko
Wikipedia
Bulan 

SURYAMALANG.COM - Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada Sabtu (11/1/2020) dini hari

Fenomena alam tersebut dapat dilihat di sebagian besar wilayah Jawa Timur termasuk wilayah Malang dan Kota Batu (Malang Raya).

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto saat dihubungi SURYAMALANG.COM, mengatakan Gerhana Bulan Penumbra dapat dilihat secara langsung dengan mata telanjang tanpa memerlukan peralatan khusus.

"Dengan syarat apabila bulan terlihat jelas dan tidak tertutup oleh awan. Kalau bulan tertutup oleh awan agak susah melihat fenomena tersebut," ujarnya, Jumat (10/1/2020).

11 Januari 2020 Dini Hari Akan Ada Gerhana Bulan Penumbra, Apa Itu? Ini Penjelasan dan Jam Munculnya

Ia menjelaskan bahwa Gerhana Bulan Penumbra tersebut akan terjadi di wilayah Jatim pada hari Sabtu (11/1/2020) dini hari.

"Di mana gerhana mulai pada pukul 00.05 dan bertahap hingga puncak gerhana terjadi pada pukul 02.10. Sedangkan gerhana berakhir pada pukul 04.14 sehingga total Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi selama 4 jam 08,7 menit," jelasnya.

Untuk wilayah Malang dan Kota Batu sendiri, pihaknya memperkirakan kondisi cuaca ketika Gerhana Bulan Penumbra akan cerah berkabut.

"Di mana untuk tutupan awan di wilayah Malang sekitar 40 persen dan wilayah Batu mencapai 70 persen. Dengan suhu di Malang berkisar 20 -27 derajat celcius dan untuk Batu sekitar 17 - 24 derajat celcius," terangnya.

Teguh Tri Susanto juga menambahkan berdasarkan data dari BMKG Pusat, sepanjang tahun 2020 ini akan terjadi 6 kali gerhana, yaitu 2 kali gerhana matahari dan 4 kali gerhana bulan.

Berikut Rinciannya :

1. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 11 Januari 2020 yang dapat diamati dari Indonesia

2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 6 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia

3. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia berupa Gerhana Matahari Sebagian, kecuali sebagian besar Jawa dan sebagian kecil Sumatera bagian Selatan.

4. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia

5. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) 20 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia
bagian Barat menjelang gerhana berakhir.

6. Gerhana Matahari Total (GMT) 14 Desember 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia. (Kukuh Kurniawan)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved