Breaking News:

Malang Raya

Pemkot Malang Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

Wali Kota Malang Sutiaji juga menilai bahwa tingkat kebencanaan di Kota Malang dan Kabupaten Malang sekarang juga hampir sama.

SURYAMALANG.COM/Bella Ayu Kurnia Putri
Wali Kota Malang Drs H Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Tommy Anderson dan Wakapolresta Malang Kota Kompol Ari Trestiawan saat meninjau peralatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Sabtu (11/1/2020) 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING - Pemerintah Kota Malang menggelar Apel Kesiapsiagaan penanggulangan bencana Hidrometeorologi di lapangan Rampal jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Sabtu (11/1/2020).

Apel ini diikuti ratusan Personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Pemadam Kebakaran Kota Malang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang beserta relawan.

Apel dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang Drs H Sutiaji.

Bencana hidrometeorologi sendiri adalah bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, longsor, dan puting beliung.

Sutiaji mengatakan pihak provinsi Jawa Timur telah mendatangkan ahli dari UGM yang mengatakan bahwa semestinya musim hujan dibagi ke dalam beberapa bulan mulai dari Agustus hingga Maret.

Namun untuk sekarang terdapat jeda sehingga kemungkinan musim hujan akan berada pada puncaknya sekitar bulan Januari hingga Februari.

“Jadi kemungkinan curah hujannya akan lebih lebat dan kecepatan anginnya juga akan lebih kencang, dan ini akan membawa situasi yang tidak kondusif,” kata Sutiaji.

Sutiaji juga menilai bahwa tingkat kebencanaan di Kota Malang dan Kabupaten Malang sekarang juga hampir sama.

“Kalau di kabupaten Malang banyak tanah longsor, di kota malang banyak banjir dan genangan air yang mengganggu dan ini sangat mengkhawatirkan,” tuturnya.

Namun Sutiaji yakin bahwa persiapan personel dan juga peralatan kesiapsiagaan bencana yang ada di Kota Malang sudah sangat matang.

“Kalau saya lihat semuanya sudah siap, bahkan ini bisa membantu Malang raya juga,” jelasnya.

Selanjutnya Sutiaji menyampaikan bahwa bulan depan ia akan bertemu dengan para pemimpin Malang Wali Kota Batu dan juga Bupati Kabupaten Malang untuk melakukan koordinasi terkait pelestarian lingkungan dan penanggulangan bencana.

“Bulan depan akan koordinasi dengan kota Batu dan kabupaten Malang kita harus sepakat untuk bersama - sama dalam menjaga kebersihan lingkungan,” tukas dia. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved