Malang Raya

Pemburu Benda Kuno asal Jombang, Abdul Aziz Baraja Susuri Sungai di Kota Malang, Ini yang Didapat

Sungai yang telah ditelusuri oleh Abdul Aziz adalah Sungai Bango di daerah Bunulrejo dan juga sungai Brantas di kawasan pasar burung Splendid

Pemburu Benda Kuno asal Jombang, Abdul Aziz Baraja Susuri Sungai di Kota Malang, Ini yang Didapat
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
BERBURU BENDA KUNO - Abdul Aziz Baraja (66), mencari benda kuno di aliran Sungai Brantas di Kawasan pasar Burung Splendid Kota Malang, Senin (13/1/2020). Sejak tiga hari terakhir, pria asal Jombang ini mencari benda kuno dan bernilai sejarah di sejumlah sungai di Kota Malang yang hasilnya akan diserahkan pada Museum Mpu Purwa. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Abdul Aziz Baraja, seorang pemburu benda kuno yang berasal dari Jombang, sejak 3 hari ini telah menyusuri beberapa sungai di kota Malang dan berhasil menemukan benda - benda kuno seperti uang kuno hingga tusuk konde

Sungai yang telah ditelusuri oleh Abdul Aziz adalah Sungai Bango di daerah Bunulrejo dan juga sungai Brantas di kawasan pasar burung Splendid, kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin (13/1/2020).

“Kebetulan pak Lulut melihat YouTube kami dan kemudian ditemukan dengan museum Mpu Purwa, lalu kita mencoba untuk datang ke Malang ini,” ujar Rahmat Setiawan, anggota ekspedisi pencarian benda kuno tersebut.

Direktur RSUD Kanjuruhan Jadi Tersangka Korupsi, Begini Sikap Inspektorat Kabupaten Malang

Sugeng Angga Santoso Bisa Bebas dari Kasus Mutilasi, Penasihat Hukum : JPU Belum Dapat Membuktikan

Untuk mengetahui daerah - daerah yang berpotensi mempunyai peninggalan benda kuno dapat dilihat dari nama desanya dan juga sungainya.

“Mungkin seperti nama desa Krajan, Kepatihan, Demangan, itu identik sekali dengan kehidupan zaman kerajaan kuno dan itu biasanya kehidupan mereka mendekati sungai,” tutur Rahmat.

Selanjutnya, saat ditemui di sungai Brantas kawasan pasar burung Splendid kota Malang, Abdul Aziz Baraja mengatakan bahwa sungai tersebut merupakan sungai purba dan pasti memiliki banyak peninggalan kuno.

“Seperti sungai ini saya prediksi sungai purba dan pasti banyak peninggalan benda tua dari kerajaan tua mulai dari kerjaan malang maupun era Belanda,” tuturnya.

Aziz mengatakan ciri - ciri sungai purba dapat dilihat dari batuannya.

“Ini kan batuan padas, Padas seperti ini terjadi berpuluh ribu tahun otomatis zaman dahulu ada kehidupan disekitar sini,” jelasnya.

Ekspedisi pencarian benda kuno seperti ini sudah ia lakukan selama 35 tahun dan kebanyakan Aziz menargetkan sungai - sungai yang ada di Indonesia, khususnya pulau Jawa.

Halaman
12
Penulis: Bella Ayu Kurnia Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved