Berita Malang

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Offroad Pantau Progres JLS Pansela, Sisir 3 Pantai Malang

Mantan Menteri Sosial itu turun langsung ke lapangan, menjelajah menggunakan kendaraan offroad di sepanjang pembangunan JLS jalur Pansela di Lot 9.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau progres JLS jalur Pansela di Lot 9 yang menjadi akses di kawasan Pantai Kondang Merak wilayah selatan Kabupaten Malang, Sabtu (25/1/2020). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghabiskan waktu libur Imlek dengan menyisir tiga pantai di wilayah selatan Kabupaten Malang, Sabtu (25/1/2020).

Tepatnya Khofifah meninjau akses jalan ke Pantai Kondang Iwak dan Pantai Kondang Merak dan pantai Bajul Mati yang kini sedang dibangunkan akses Jalan Lintas Selatan (JLS) pantai selatan (Pansela).

Mantan Menteri Sosial itu turun langsung ke lapangan, menjelajah menggunakan kendaraan offroad di sepanjang pembangunan JLS jalur Pansela di Lot 9.

Wagub Emil Dardak Awasi Penanganan Krisis Air Bersih PDAM Kota Malang, Minta Laporan Mingguan

Kronologis Kecelakaan Tabrakan Beruntun 7 Kendaraan di Lumajang, Gara-Gara Truk Rem Blong

Detik-detik Siswa SMA Hancurkan Bangku Kelas Terekam Video, Ini Keterangan Guru

Ia memastikan bahwa pembangunan Lot 9 Pansela JLS akan dikerjakan di tahun 2020 ini.

Bersama Sekdaprov Heru Tjahjono, dan sejumlah jajaran Kepala OPD Jatim, dan Bupati Malang Sanusi, Gubernur Khofifah memastikan bahwa proyek jalan yang didanai dengan anggaran dari Islamic Development Bank (IDB) ini terus berjalan.

"Kedatangan saya ke sini, saya ingin pastikan bahwa JLS Lot 8 dan Lot 9 saat ini on progress. Di Lot 9 ini saja ada 5 jembatan yang akan menyambungkan akses di sepanjang pesisir pantai. Selesainya ditarget di tahun 2022 mendatang Lot 9 ini selesai," tegas Khofifah.

Wanita yang juga mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu menjekaskan Lot 9 ini dibangun mulai pertigaan pantai Balekambang hingga berujung di perbatasan Kabupaten Malang dengan perbatasan Kabupaten Blitar tepatnya di kawasan Kedungsalam.

Dimana panjang pembangunan jalan di Lot 9 ini mencapai 17,89 kilometer.

"Total dari 684 kilometer JLS sesungguhnya yang sudah selesai 382 kilometer. Yang sedang berjalan saat ini kita garap 72 km, dari 15 kilometer dibiayai Islamic Development Bank, dan sisanya dari APBN," ucap Khofifah.

Untuk itu ditegaskan Khofifah masih kurang sepanjang 215 kilometer yang kini belum digarap. Dari panjang trase tersebut yang sudah dibebaskan baru 30 kilometer.

Sehingga secara khusus Khofifah menegaskan agar kabupaten kota yang dilintasi trase JLS jalur Pansela bisa ikut proaktif menyiapkan pembebasan lahannya.

Sebab jika JLS di jalur Pansela ini rampung maka tentu pertumbuhan ekonomi di daerah yang bersangkutan akan terdorong.

"Kalau JLS Pansela Lot 9 jadi, coba dihitung berapa banyak pantai yang bisa dinikmati masyarakat. Artinya pertumbuhan ekonomi akan bisa di create di banyak wilayah," tegas Khofifah.

Misalnya saja Pantai Kondang Iwak yang siang ini ditinjau Khofifah. Akses menuju ke pantai yang masih perawan ini masih sangat susah. Tidak ada alternatif jalan lain yang layan dilintasi kendaraan selain Pansela ini.

Begitu juga dengan pantai Kondang Merak. Meski sudah tersedia jalur menuju pantai, tapi akses ke sana masih belum layak, bahkan jalan yang ada tidak bisa dilalui dua kendaran beroda empat secara bersamaan.

"Terutama di Malang ini secara kualitatif kemiskinannya adalah tertinggi. Maka kita ingin ini bisa terdorong. Di sini butuh dibangunkan sentra sentra ekonomi baru agar kemiskinan di Malang Selatan bisa direduksi secara signifikan," pungkas Khofifah.

Semantara itu Bupati Malang Sanusi menyanggupi apa yang menjadi keinginnan Gubernur Khofifah.

Ia bersedia membangunkan pasar di ujung pintu masuk Pantai Kondang Iwak. Dan akses menuju pantai dari jalur utama Pansela masuk ke dalam pantai juga akan dibantu dengan dana APBD.

"Iya kita akan bangunkan pasar di depan. Agar bisa menjadi sentra ekonomi bagi warga masyarakat di kawasan pantai Kondang Iwak," kata Bupati Sanusi.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved