Kabar Surabaya

Kapal Selam Alugoro 405, Alutsista Buatan Anak Negeri Berkelas Dunia Dirakit Sepenuhnya di PT PAL  

Kapal selam Alugoro menjadi kapal selam pertama yang dirakit di Indonesia melalui kerjasama transfer teknologi dengan DMSE.

Kapal Selam Alugoro 405, Alutsista Buatan Anak Negeri Berkelas Dunia Dirakit Sepenuhnya di PT PAL  
SURYAMALANG.COM/Ahmad Zaimul Haq
BUATAN INDONESIA - Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri disela foto bersama usai meninjau Kapal Selam Alugoro buatan PT PAL Indonesia yang ada di fasilitas Produksi Kapal Selam PT PAL, Surabaya, Senin (27/1/2020). Presiden juga menggelar rapat terbatas untuk membahas industri pertahanan nasional terutama berkaitan dengan kebijakan pengembangan alat utama sistem senjata 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Tak lama lagi Kapal selam buatan Indonesia akan meluncur menembus lautan.

Kapal selam buatan PT PAL Indonesia yang diberi nama Alugoro kini telah memasuki tahapan Sea Acceptance Test (SAT).

Kapal selam KRI 405 Alugoro mampu melewati uji Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali di kedalaman 250 meter. NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT).

Arema FC Ditantang Klub Singapura Tanjong Pagar United FC, Bisa Jadi Agenda Uji Coba

 

Kapal ini rencananya akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan TNI AL pada Desember 2020.

Kondisi kapal selam buatan Anak Negeri ini ditinjau langsung oleh  Presiden Joko Widodo di PT PAL, Senin (27/1/2020).

Presiden Jokowi mengapresiasi Kapal Selam Alugoro buatan PT PAL Indonesia yang berkolaborasi dengan Pemerintah Korea Selatan melalui Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd (DSME).

Presiden Jokowi menilai keberadaan Kapal Selam Alugoro menjadi titik awal kemandirian produksi alat utama sistem senjata (alutsista) nasional.

”Sudah ada sebuah kerjasama yang bagus tentang transfer teknologi, di dalam pembangunan kapal selam Alugoro. Kami berharap ini menjadi suatu titik kita bisa mandiri mengerjakan semua Alutsista oleh anak-anak bangsa sendiri,” kata Presiden Jokowi usai meninjau Kapal Selam Alugoro di PT PAL Indonesia, Senin (27/1/2020).

Sebenarnya, kapal ini bukanlah kapal pertama yang dibuat melalui kerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan melalui Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd (DSME).

Sebelumnya, tergabung dalam Batch 1, sudah ada dua kapal selam lain yang juga telah dioperasikan terlebih dahulu, yakni KRI Nagapasa dan KRI Ardadedali.

Halaman
1234
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved