Daftar 120 Pinjaman Online Bodong Terbaru Januari 2020, Ketahui Cara Aman Bebas Investasi Ilegal

Daftar 120 pinjaman online bodong terbaru Januari 2020, ketahui cara aman bebas investasi ilegal.

Daftar 120 Pinjaman Online Bodong Terbaru Januari 2020, Ketahui Cara Aman Bebas Investasi Ilegal
SURYAMALANG.COM/kolase Merah Putih via TribunManado.com/IST/Kontan
Ilustrasi Pinjaman Online Bodong atau fintech ilegal 

SURYAMALANG.COM - Daftar 120 pinjaman online bodong alias ilegal terbaru Januari 2020 telah dirilis Satgas Waspada Investasi (SWI). 

Dari 120 pinjaman online bodong yang diblokir karena belum terdaftar resmi di OJK tersebut di antaranya seperti GoPinjaman, Ruang Dana hingga Apel Hijau. 

Tidak hanya pinjaman online, akun aplikasi tersebut juga menawarkan berbagai bentuk investasi. 

Pemberantasan aplikasi pinjaman online atau yang sering disebut fintech ilegal tidak lepas dari kerugian yang banyak diderita masyarakat luas.

Jahatnya Pinjaman Online
Jahatnya Pinjaman Online (LBH Jakarta)

Sudah sering kita dengar korban pinjaman online dipermalukan, diteror bahkan ada yang sampai bunuh diri.

Dari aktifitas pemburuan itu, Satgas Waspada Investasi (SWI) kembali menemukan kegiatan financial technology (fintech) peer to peer (P2P) lending alias pinjaman online (pinjol) ilegal dan penawaran investasi ilegal.

Ketua SWI Tongam Lumban Tobing mengatakan, kegiatan tersebut tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tetapi mudah diakses melalui situs, aplikasi, atau penawaran melalui SMS.

“Banyak kegiatan fintech peer to peer lending ilegal pada website, aplikasi, atau penawaran melalui SMS yang beredar," kata Tongam dalam siaran pers, Jumat (31/1/2020).

Agar Terhindar Dari Investasi atau Pinjaman Bodong 

Kepala Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing usai membuka Warung Waspada Investasi di Jakarta, Jumat (1/11/2019).
Kepala Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing usai membuka Warung Waspada Investasi di Jakarta, Jumat (1/11/2019). (KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA)

Untuk terhindar dari kegiatan bodong, Ketua SWI Tongam Lumban Tobing meminta masyarakat selalu waspada dan cek kelogisan serta kelegalan entitas sebelum bertransaksi.

Halaman
1234
Penulis: Sarah Elnyora
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved