Kabar Lamongan

Dua Siswa MTs Babat Lamongan Sulap Limbah Tempe dan Biji Sorgum jadi Energi Listrik

Dua siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Babat ini berhasil mengolah limbah cair tempe dan biji sorgum menjadi energi listrik

SURYAMALANG.COM/Hanif Manshuri
Dua siswa MTs Negeri 1 Babat,Ahmad Rofi dan Alifia Haya Asifa menunjukkan hasil inovasinya, Sulap Limbah Tempe dan Biji Sorgum jadi Energi Listrik 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Dua siswa lembaga Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Babat Lamongan Jawa Timur membuat penelitian sumber energi listrik dari limbah cair tempe dan tanaman sorgum.

Temuan berupa hasil penelitian ini berlatar belakang keberadan limbah cair tempe dan biji sorgum yang banyak ditemui di tempat tinggal mereka.

Hasil penelitian dua siswa ini membawa nama baik sekolah tempatnya menimba ilmu.

Pantas Via Vallen Kuat Manggung Cendol Dawet dengan Gerakan Energik, Ada Rahasia di Menu Sarapan

3 Kali Kawin Cerai Ternyata Dewi Perssik Belum Pernah Rasakan Pengalaman ini Bersama Suami

Penyebab Sementara Pria Pemalang Bakar Al-Quran Hingga Hebohkan Medsos, Ngaku Dapat Bisikan Gaib

Dua siswa itu, Ahmad Rofi dan Alifia Haya Asifa, siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Babat ini berhasil mengolah limbah cair tempe dan biji sorgum menjadi energi listrik.

Temuan itu dilatarbelakangi pemikiran banyaknya limbah tempe dan mulai banyaknya petani di wilayah Lamongan Babat yang tanam sorgum .

"Awalnya melihat banyaknya limbah cair tempe yang terbuang percuma di selokan dan membuat masyarakat sekitar terganggu karena baunya yang menyengat," kata salah satu siswa, Ahmad Rofi saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (1/2/2020).

Bau limbah cair tempe, juga memicu masalah di lingkungan.

Dari situ, mereka berdua juga terpikir untuk memanfaatkan sorgum yang menjadi salah satu produk pertanian unggulan di Lamongan.

Alifia yang memunculkan ide biji sorgum karena melihat di sekitar rumah mereka banyak biji sorgum yang terbuang percuma setelah panen.

"Biji sorgum sisa panen ini dan limbah cair tempe ini yang kami manfaatkan menjadi bio etanol sebagai sumber energi listrik," ungkap Rofi.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved