Gaji CPNS Baru Hanya 80 Persen dari Gaji PNS, Ini Besaran Gaji CPNS S1 dan D3 Versi Pemprov Jatim

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Nur Cholis memberikan bocoran, gaji para pegawai setelah lulus dan diterima sebagai CPNS.

Gaji CPNS Baru Hanya 80 Persen dari Gaji PNS, Ini Besaran Gaji CPNS S1 dan D3 Versi Pemprov Jatim
SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Sejumlah peserta mengisi soal ujia tes cpns di Graha Unesa Surabaya, Sabtu (8/2/2020). Tes ujian seleksi penerimaan CPNS ini dibagi beberapa gelombang dan akan dilakukan mulai tanggal 8 hingga 26 februari 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Buat yang tengah menjalani tes CPNS dan yang masih penasaran dengan nominal gaji CPNS dan PNS, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur secara terbuka menyampaikan angkanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Nur Cholis memberikan bocoran, gaji para pegawai setelah lulus dan diterima sebagai CPNS.

Nur Cholis menyebutkan CPNS S1 golongan III/A masih akan menerima 80 persen dari gaji penuhnya atau sebesar lebih kurang Rp 2 juta.

Mantan Arema, Arif Keceng Suyono Resmi Bergabung ke PSG Gresik dalam Kompetisi Liga 2 2020

Putri Karen Poore Meninggal Jatuh dari Balkon Apartemen, 6 Bulan Dicari Komnas Perlindungan Anak

Sedangkan gaji CPNS D3 golongan II/C juga akan menerima 80 persen dari gaji penuhnya atau jika dinominalkan sebesar lebih kurang Rp 1,8 juta.

"Untuk TPP (Tunjangan Perbaikan Penghasilan) CPNS juga akan diberikan sebesar 80 persen dari penerimaan. Kalau TPP besarannya berbeda berdasarkan kelas jabatan," kata Nur Cholis, Sabtu (8/2/2020).

"Setelah menjadi PNS, barulah gaji akan diberikan 100 persen," lanjutnya.

Untuk menjadi PNS, setelah lulus dan diterima, para CPNS harus mengikuti Latsar selama satu tahun.

"Setelah itu melakukan tes kesehatan dan dilanjutkan sebagai persyaratan untuk ditetapkan jadi PNS. Setelah itu barulah menerima gaji 100 persen," kata Nur Cholis.

Rincian besaran gaji PNS terakhir mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 30 tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuhbelas atas Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Berdasarkan ketentuan tersebut, gaji PNS untuk golongan IIIA atau setara S1 saat pertama kali kerja adalah Rp 2.456.700.

Saat ini masih berlangsung Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemprov Jatim.

Tes hari pertama SKD CPNS Pemprov Jatim diselenggarakan di Graha Unesa, Sabtu (8/2/2020).

Tes ini akan diselenggarakan selama 19 hari ke depan yang akan diikuti oleh lebih kurang 3 ribu peserta dalam sehari yang terbagi dalam lima sesi.

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved