Peningkatan Kompetensi Guru di Era 4.0, Rektor Unisma Kunjungi Kabupaten Situbondo

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi saat berkegiatan di Kabupaten Situbondo, Sabtu-Minggu (8-9 Februari 2020).

Peningkatan Kompetensi Guru di Era 4.0, Rektor Unisma Kunjungi Kabupaten Situbondo
Humas Unisma
Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi saat berkegiatan di Kabupaten Situbondo, Sabtu-Minggu (8-9 Februari 2020). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Acara rekreasi berbasis penguatan kelembagaan, publikasi dan pengabdian Universitas Islam Malang (Unisma) menyasar ke Kabupaten Situbondo pada 8-9 Februari 2020.

Acara diisi dengan seminar nasional tentang peningkatan kompetensi pendidik di era revolusi industri 4.0 yang diikuti oleh 200 guru di lingkungan LP Maarif Situbondo. Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi menjadi narasumber kegiatan itu.

"Guru di era sekarang yaitu merdeka belajar harus banyak improvisasi, kreatifitas dan harus banyak inovasi sekaligus produktif untuk menghadapi isu-isu dan hal-hal strategis," kata Maskuri pada SURYAMALANG.COM saat lewat telepon, Minggu (9/2/2020). Dikatakan tahun ini banyak isu-isu strategis.

Seperti tidak ada lagi USBN (Ujian Sekolah Berstandar Naisonal), ujian nasional tahun ini terakhir dan dihapuskan pada 2021 serta penyederhanaan RPP, soal zonasi sekolah yang lebih luwes.

"Semua untuk memendekkan birokrasi serta untuk pengembangan SDM sehingga pembelajaran, pendidikan lebih menyenangkan," jelasnya.

Dikatakan, selama ini pembelajaran lebih pada transfer of knowledge. Kadang kala juga bertemu guru menjadikan momok bagi siswa. Karena itu pembelajaran harus dikemas lebih menyenangkan, lebih kreatif dan perlu inovasi. Apalagi di era industri 4.0 yang banyak menggunakan IT.

"Sekarang sudah banyak yang memakai IoT (Internet of Things). Ini juga ada positif dan negatifnya bagi pendidikan. Maka yang menjadi prioritas guru adalah mendorong yang menjadi produktif," kata Maskuri.

Kunjungan ke Kabupaten Situbondo juga untuk menjalin jejaring, alumni serta kunjungan ke sekolah dan pondok pesantren. Kunjungan ke sekolah-sekolah dan ponpes dilakukan oleh mereka yang ikut kegiatan ini.

Sekolah yang dikunjungi yaitu MA Fathussalafi, SMK Asshiddiqi, MA Nurul Hikam, MA Badruk Arifin, SMk Sumber Bunga, SMK IT Fatwa Jangkar, MA NU Islamiyah Asembagus.

Selain itu diadakan temu alumni di Kampung Krapu. Menurut Rektor Unisma, kunjungan ke daerah nanti tak hanya ke Situbondo namun juga daerah lainnya.

"Ini wisata publikasi juga," jelasnya. Wakil Rektor II dan IV juga ikut kegiatan ini.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved