Bupati Malang Sanusi Sebut Jembatan Ambruk di Dau Karena Faktor Bencana Alam, Bukan

Kondisi hutan di atas wilayah Kecamatan Dau yang sudah gundul jadi biang kerok timbulnya banjir bandang yang berimbas pada goyahnya jembatan

Bupati Malang Sanusi Sebut Jembatan Ambruk di Dau Karena Faktor Bencana Alam, Bukan
SURYAMALANG.COM/Kukuh Kurniawan
Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang mengerahkan ekskavator ke lokasi jembatan ambrol di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jumat (31/1/2020). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyebut robohnya jembatan penghubung antara Desa Gadingkulo dan Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, akibat bencana alam.

Bahkan, Sanusi menilai konstruksi jembatan sudah kuat.

Tapi nyatanya, kondisi jembatan itu roboh padahal baru dibangun beberapa bulan lalu.

Terbukti Lucinta Luna Mantan Laki-laki dan Abash Cewek, Dulu Sempat Foto Maternity Ternyata Bohong

Perda Minol Kota Malang Segera Diberlakukan, Ini Aturan Jualan Minuman Beralkohol yang Sudah Disusun

Satu Dari 3 Bocah Siswa SMPN 5 yang Tenggelam di Kali Pucang Berhasil Ditemukan

"Setelah saya melihat di lokasi, kontruksi jembatannya itu cukup bagus. Karena pondasinya tergerus air mau apalagi karena bencana. Kalau gak ada bencana gak akan ambruk itu. Jatuhnya itu bukan karena konstruksi yang tidak bagus," kata Sanusi saat ditemui di Pendapa Peringgitan Pemkab Malang, Rabu (12/2/2020).

Sanusi menambahkan, kondisi hutan di atas wilayah Kecamatan Dau yang sudah gundul, jadi biang kerok timbulnya banjir bandang.

Bencana itulah yang berimbas pada goyahnya kekuatan jembatan.

"Hutan di atas wilayah itu sudah gundul. Ceritanya warga sana gak pernah banjir. Karena gundul, jadi jadi dampaknya banjir. Membawa banyak material air dan pohon tumbang. Ya karena itu," jelas Sanusi.

Terkait perbaikan, untuk sementara waktu pihaknya telah membangun jembatan darurat, yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Kami akan menganggarkan lewat PAK (perubahan anggaran keuangan). Kamo tidak bisa nganggarkan kegiatan itu tanpa APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah.   Akan diperkuat konstruksinya," tandas Sanusi

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved