Musim Hujan di Kota Malang Diprediksi Berlangsung Hingga April

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi musim hujan tahun 2020 di Kota Malang berlangsung hingga April.

Musim Hujan di Kota Malang Diprediksi Berlangsung Hingga April
SURYAMALANG.COM/Kukuh Kurniawan
Suasana hujan deras di Jalan Sulawesi, Kota Malang, Senin (6/1/2020). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi musim hujan tahun 2020 di Kota Malang berlangsung hingga April.

“Untuk saat ini prakiraan kita akan normal sesuai schedule musim hujannya,” terang prakirawan BMKG Juanda, Rendy Irawadi, Sabtu (15/2/2020).

Meski begitu, BMKG tetap melihat perkembangan cuaca hingga dua bulan ke depan. Apabila tidak ada potensi gangguan, musim hujan akan berlangsung normal.

“Kita lihat perkembangan 2 bulan ke depan apakah ada potensi gangguan cuaca atau tidak. Kalau tidak berarti normal dan baru selesai April,” katanya.

Rendy mengatakan puncak musim hujan di Kota Malang diperkirakan berlangsung mulai bulan ini hingga awal Maret.

Curah hujan yang turun berkisar antara 301 mm hingga 400 mm.

“Karena itu kami imbau masyarakat untuk terus waspada,” katanya.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat waspada terhadap dampak musim seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir (Malang Selatan), juga diharap waspada karena ad potensi gelombang tinggi,” ucap dia.

Ia menambahkan masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam yaitu melalui call center, membuka website BMKG http://www.bmkg.go.id, follow media sosial @infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved