Buat Daftar UTBK-SBMPTN, LTMPT Buka Registrasi Tahap Kedua

Registrasi tahap kedua juga untuk siswa yang sudah memiliki akun tetapi belum melakukan simpan permanen saat registrasi akun tahap pertama

Buat Daftar UTBK-SBMPTN, LTMPT Buka Registrasi Tahap Kedua
web
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) membuka registrasi tahap kedua untuk akun LTMPT untuk siswa kelas 12 SMA/SMK/MA mulai Senin (17/2/2020) pukul 14.00 WIB hingga 5 April 2020.

"Registrasi akun tahap kedua ini untuk peserta yabg akan mendaftar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan SBMPTN 2020," jelas Prof Dr M Nasih, Ketua LTMPT dalam keterangan tertulis yang diterima suryamalang.com, Minggu (16/2/2020).

Adapun ketentuan untuk registrasi akun yaitu menggunakan NISN, NPSN dan tangga lahir di lama dilaman https://portal.ltmpt.ac.id. Ini untuk siswa SMK/MA/SMK, termasuk Peserta Paket C dan Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang akan lulus pada 2020.

Malang Banjir, Rumah Warga Di Kelurahan Tanjungrejo Sukun Terendam Banjir Saat Hujan Deras

BREAKING NEWS ! Situs Pendem Dipastikan Bangunan Candi

"Termasuk juga buat mereka yang lulusan tahun 2018 dan 2019. Serta untuk siswa yang memiliki Akun LTMPT 2020," jelas Nasih.

Registrasi tahap kedua juga untuk siswa yang sudah memiliki akun tetapi belum melakukan simpan permanen saat registrasi akun tahap pertama pada 2 Desember 2019 sampai 10 Januari 2020.

Disebutnya, bagi siswa lulusan sekolah luar negeri non SRI harus memiliki Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Kemdikbud.

Sedang data siswa lulusan Sekolah Luar Negeri Non-SRI harus sudah tercatat di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemdikbud.

Perbedaan pelaksanaan UTBK tahun ini adalah diadakan satu kali. Sedang tahun lalu disiapkan dua kali sehingga cukup panjang waktunya. Hasil dari UTBK dipakai untuk mendaftar SBMPTN.

Dari pengalaman tahun sebelumnya, mereka yang bisa lolos masuk PTN perlu skor di atas 600 agar aman memilih prodi.

Sedang peminat terbanyak SBMPTN 2019 adalah Universitas Brawijaya yaitu 55.871 orang. Yaitu sebanyak 33.987 orang memilih saintek dan sisanya 21.884 di soshum.

Adapun prodi yang paling diminati saat SBMPTN 2019 di UB adalah Ilmu Hukum, Agroekoteknologi, Peternakan, Ilmu Administrasi Bisnis dan Pendidikan Dokter.

Fitri Kusrini, Koordinator BK SMAN 8 Kota Malang menyatakan mendorong siswa untuk ikut UTBK bagi yang tidak lolos pemeringkatan untuk SNMPTN.

"Iya harus. Kami juga mengarahkan jika tidak ingin ikut UTBK bisa ikut SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)," jawab Rini, panggilan akrabnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved