Breaking News:

Usai KKM, Mahasiswa UIN Maliki Pamer Produk Dan Inovasi Masyarakat Desa

Tantangan selama KKM adalah selain pada respons warga juga harus tetap mempertahankan semangat tim

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Hasil KKM di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dalam expo di UIN Maulana Malik Ibrahim, Senin (17/2/2020). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Expo KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) digelar di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki), Senin (17/2/2020).

Mereka KKM di Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Salah satu stand yang dipamerkan KKM di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Selain produk juga ada inovasi yang dihasilkan.

Faiqul Anwar, Ketua Kelompok 194 yang KKM di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur memamerkan anyaman tas plastik serta produk pangan seperti gula merah dan keripik.

"Di Dusun Krajan, Desa Srigonco ada keripik kelapa. Ini khasnya dan tidak ada di tempat lain. Parutan kelapa itu diberi adonan tepung," jelas mahasiswa Hukum Tata Negara Syariah semester 6.

Dikatakan, selama KKM, mahasiswa selain harus menciptakan inovasi baru juga bisa memberi fasilitas. KKM dilakukan selama 30 hari.

Tantangan selama KKM adalah selain pada respons warga juga harus tetap mempertahankan semangat tim. "Kadang kan ada yang sudah lesu," jelasnya.

Menurutnya, desa-desa di Bantur sepi karena banyak warganya yang keluar wilayah untuk kerja hingga menjadi TKI ke luar negeri.

Rektor UIN Maliki Prof Dr Abdul Haris MAg menyatakan KKM dirancang untuk melibatkan mahasiswa di masyarakat lewat kerja nyata. Hasilnya bisa dilihat dari expo yang dilakukan.

Selain produk juga ada pengembangan di bidang yang lain misalnya dakwah dengan membuat peta dakwah.

Peta dakwah itu dalam arti yang kompleks bukan hanya dakwah dalam arti yang sederhana.

Namun bagaimana mendesain agar masyarakat itu berkembang. Misalkan menjadi sehat, bersih dsb. Jumlah mahasiswa yang ikut KKM sebanyak 3000 an dari seluruh prodi.

Sedang produk yang dihasilkan menyesuaikan potensi desanya. Ada juga yang dikuatkan pemasarannya. Diharapkan mahasiswa yang ikut KKM selain mendapat pengalaman dan bagaimana menggali inovasi-inovasinya. Kegiatan expo juga dikunjungi Bupati Malang dan Walikota Batu.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved