Berita Malang Hari Ini

Aplikasi CRESECH Mahasiswa UB Beri Solusi Masalah Bisnis Rental Mobil, Raih Medali di Thailand

Berkat aplikasi ini, mereka mendapat medali perak di International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 202

foto Pribadi
Tim CRESECH (Car Rental Security Technolgy) Universitas Brawijaya Malang yang berlomba di Thailand dan meraih medali perak di bidang IoT dan Teknologi. Sebanyak empat mahasiswa yang berangkat yaitu Wahono Ridhoning Gusti, Lailatul Fajroyati Farah Hasibah, Fairus Azizah Herlambang dan Maulana Derifato Achmad. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dilatar belakangi problem-problem di bisnis rental mobil, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mengembangkan sistem aplikasi pengamanan mobil rental atau Car Rental Security Technology (CRESECH).

Mereka adalah Lailatul Fajriyati Farah Hasibah (Teknik Industri), Fairus Azizah Herlambang (Teknik Industri).

Serta tiga mahasiswa lain dari Vokasi UB Yaitu Wahono Ridhoning Gusti (Vokasi Sistem Informasi), Riko Saputra Linhatama (Vokasi Teknologi Informasi), Maulana Derifato Achmad (Vokasi Teknologi Informasi) serta dibimbing oleh Ihwan Hamdala (Teknik Industri).

Berkat aplikasi ini, mereka mendapat medali perak di International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 2020 di Bangkok, Thailand pada 2-6/2/2020.

"Ada tiga permasalah dalam bisnis rental mobil," jelas Lailatul, ketua tim CRESECH UB pada suryamalang.com, Jumat (21/2/2020).

Pertama, mobil rental hilang tidak terdeteksi. Tapi dengan alat yang dipasang di mobil, maka jika diputus, maka fungsi-fungsi utama di mobil itu tidak bisa dijalankan. Misalkan AC, rem dll.

Kedua, sering mobil tidak dikembalikan tepat waktu. Maka jika melebihi 1X24 jam masa persewaan, alirannya akan terputus.

Ketiga, jika ada lecet di mobil, segera bisa diketahui pemiliknya.

"Biasanya penyewa tidak bilang apa-apa kalau ada lecet atau kerusakan di mobil rental. Maka dengan alat ini bisa diketahui sejak awal. Dan penyewa bisa mempertanggungjawabkan sejak awal," papar mahasiswa semester 4 ini.

Dikatakan, lomba yang diikuti adalah di bidang IoT (Internet of Things) dan teknologi. Dikatakan, di ajang itu ada 88 tim dari Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved