Breaking News:

Kabar Pacitan

Gubernur Jatim Khofifah Optimistis Museum dan Galeri Seni SBY Ani Jadi Gravitasi Pariwisata Pacitan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhouono saat groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY Ani

SURYAMALANG.COM/Fatimatuz
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhouono saat groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY Ani di Kabupaten Pacitan, Sabtu (22/2/2020). 

SURYAMALANG.COM, PACITAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis Museum dan Galeri Seni SBY Ani akan menjadi gravitasi baru untuk sektor pariwisata Kabupaten Pacitan.

Saat hadir dalam groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY Ani di Pacitan, Sabtu (22/2/2020), Khofifah bahkan menyebut bahwa ada potensi pendirian bandara perintis untuk bisa mempermudah akses pariwisata di Kabupaten Pacitan.

"Museum ini akan menjadi gravitasi baru untuk Pacitan. Nah berseiring dengan itu tentunya masyarakat pasti ingin ada kemudahan untuk akses. Ya kalau dari Solo, Jogja, mungkin aksesnya relatif lebih mudah tapi kalau dari Surabaya, Malang, Kediri, gimana, kalau ada bandara perintis akses akan lebih memungkinkan," kata Khofifah.

Wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini menyontohkan, di Jawa Timur ada sejumlah bandara perintis yang sudah aktif dan bermanfaat. Seperti di Bawean, dan juga di Sumenep. Maka di Pacitan pun dia rasa bukan hal yang mustahil.

Tinggal dibutuhkan feasibility studi atau uji kelayakan terkait bandara perintis agar bisa juga didirikan di Pacitan. Khususnya karena di Pacitan ini banyak terdapat gunung dan perbukitan.

Lebih lanjut dari 29 tema isi Museum dan Galeri Seni SBY Ani, disampaikan Khofifah tema ke 26 yaitu SBY Presidensial Library akan menjadi pengayaan bagi warga Pacitan.

"Tema tersebut akan menjadi inspirasi kita semua sebagai warga bangsa terutama anak-anak Pacitan. Karena khusus di sana ada banyak referensi buku yang dibaca Pak SBY, yang membentuk pemikiran-pemikirannya selama ini, hingga buku hasil buah pikiran SBY sendiri," tegasnya.

Museum dan Galeri Seni SBY Ani tersebut juga menjadi kado bagi masyarakat Kabupaten Pacitan di ulang tahunnya yang ke 275 tahun. Khofifah berharap bukti kecintaan SBY pada kampung halamannya ini akan menjadi daya tarik pariwisata yang membangkitkan ekonomi Pacitan.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga mengajak masyarakat yang hadir untuk ikut serta berkirim doa untuk almarhumah Ani Yudhoyono dengan mengirimkan surat Al Fatihah. Dengan harapan ibu negara yang mendampingi SBY memimpin Indonesia selama 10 tahun itu bisa mendapatkan tempat terindah di sisi Allah SWT.

Museum ini dibangun SBY dan keluarga dengan dibantu donasi dari lintas elemen masyarakat. Museum dan Galeri Seni SBY Ani ini menmpilkan 29 tema cerita perjalanan SBY dari masa kecilnya di Pacitan hingga 10 tahun memimpin Indonesia.

Termasuk di dalamnya bagaimana kisah perjuangan SBY dalam mengatasi masalah ekonomi, krisis, masalah konflik Aceh, utang Indonesia di IMF, serta bencana tsunami dan embargo militer Indonesia. Tak hanya itu, di sana juga ditampilkan galeri seni Ani Yudhoyono dan juga peran first lady yang selama ini mendampingi SBY.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved