Kabar Surabaya

Jamaah Umrah di Bandara Juanda Batal Terbang ke Tanah Suci, Antisipasi Ancaman Virus Corona

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, mengonfirmasi adanya pembatalan penerbangan jamaah umrah dari Bandar Udara Juanda, Sidoarjo

Daily Mail
Masjidil Haram, Mekkah (ilustrasi) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, mengonfirmasi adanya pembatalan penerbangan jamaah umrah dari Bandar Udara Juanda, Sidoarjo, Kamis (27/2/2020).

Yusristo mengatakan sejatinya hari ini ada dua keberangkatan jamaah umrah dari Bandara Juanda menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Untuk jadwal pertama dengan nomor penerbangan SV 359, yakni pada pukul 10.35 WIB, telah diberangkatkan menuju Jeddah, dengan jumlah jamaah sebanyak 438 penumpang.

Sedangkan untuk jadwal kedua, dengan nomor penerbangan SV3813, yang rencananya diterbangkan pada pukul 16.15, telah dibatalkan menyusul adanya kebijakan dari pemerintah Arab Saudi, untuk menghentikan sementara warga negara asing yang masuk ke Arab Saudi baik untuk ibadah umrah maupun ziarah ke masjid Nabawi untuk mencegah menyebarnya virus corona.

"Memang sempat ada penumpukan penumpang di terminal keberangkatan setelah ada pembatalan tapi tidak berlangsung lama," ujar Yuristo, Kamis (27/2/2020).

Hal ini karena pihak maskapai telah melakukan sosialisasi terkait pembatalan keberangkatan tersebut terhadap para jamaah.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Mahsun Zain belum mengetahui apakah jamaah yang telah berangkat diperbolehkan untuk melanjutkan ibadah umrah ataukah akan dikembalikan ke Indonesia.

"Kita tidak tahu apakah nanti dikembalikan lagi setibanya di Saudi Arabia, atau enggak kami gak tahu," kata Mahsun. (Sofyan Arif Candra Sakti)

Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved