Berita Malang Hari Ini

Kampus 4 UIN Maliki Malang di Kecamatan Turen Ingin Jadi Lokasi Fakultas Baru

SURYAMALANG.COM, TUREN - UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang akan berencana membuka kampus 4 di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

suryamalang.com

SURYAMALANG.COM, TUREN - UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang akan berencana membuka kampus 4 di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Rencana Pemkab Malang akan memberi hibah lahan seluas 15 hektare di kecamatan itu. Prof Dr Zainuddin, Wakil Rektor I UIN Maliki menyatakan ada rencana membuka fakultas baru di sana.

"Kalau yang cocok di sana adalah Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan," jelas Zainuddin pada SURYAMALANG.COM, Selasa (3/3/2020).

Dikatakan, UIN sudah menjalin kerjasama dengan Pemkab Malang.

"Dengan pemerintah daerah di Malang Raya kami sudah kerjasama. Seperti keberadaan kampus 3 berada di dua wilayah yaitu Kota Batu dan Kabupaten Malang," katanya.

Dengan kerjasama itu maka akan dibantu akses jalannya. Kampus 2 UIN juga berada di Kota Batu. Terkait rencana hibah belum realisasi.

Sebab hal itu harua dibicarakan dulu dengan DPRD sebelum dihibahkan karena ada pelepasan aset pemerintah daerah.

"Dari kami terkait rencana kampus 4 juga masih baru dibuatkan proposal naskah akademinya. Sebab kan akan butuh dosen-dosen juga," tambahnya.

Saat ini UIN memiliki delapan fakultas dan 39 prodi dan 661 dosen.

Fakultas yang saat ini sudah ada adalah Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Syariah, Humaniora, Ekonomi, Psikologi, Sains dan Teknologi, Kedokteran dan Pascasarjana. Selain UIN juga rencana diberikan ke Universitas Brawijaya (UB).

Dalam perkembangan kini, kampus-kampus di Kota Malang mengarah ke Kabupaten Malang karena ketersediaan lahan. Seperti kampus 2 UB sudah di Kecamatan Dau.

ITN mengembangkan ke Kecamatan Singosari. UMM ke Kecamatan Dau dan Karangploso.

Unisma juga ke Kecamatan Karangploso. Semua masih di sekitar lingkar Kota Malang.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved