Berita Batu Hari Ini

Kunjungan Wisatawan ke Jatim Park Group Tetap Normal, Tak Terdampak Virus Corona Covid-19

Rocki memprediksi tiga minggu ke depan peluangnya masih bagus. Banyak tamu merasa Kota Batu aman dan bebas virus corona.

Penulis: Benni Indo | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/kolase lihat.co.id/Instagram/@sheliens
Harga tiket masuk Jatim Park 1 

SURYAMALANG.COM, BATU - Marketing and Public Relation Manager Jatim Park Group, Titik S Ariyanto menerangkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempatnya belum mengalami penurunan merespon kekhawatiran terhadap informasi virus corona atau Covid-19.

Kata Titik, pengunjung JTP Group merupakan wisatawan lokal sehingga tidak berdampak sekalipun ada pemberitaan terkait Covid-19.

"Mungkin berbeda dengan Bromo. Kalau di sini kan wisatawannya lokal," kata Titik, Minggu (8/3/2020).

Ia menjelaskan, berbeda dengan Pulau Bali yang menjadi destinasi wisatawan asing maupun kawasan wisata Bromo.

Meskipun belum ada dampak akibat Covid-19, Titik mengatakan pihaknya telah merencanakan pembuatan westafel di sejumlah titik. Para karyawan juga mendapatkan pemeriksaan sekaligus edukasi.

"Masih internal, kami juga akan membuat westafel di beberapa titik. Kota Batu menurut kami masih baik-baik saja. Itu dapat dilihat dari banyaknya rombongan wisatawan yang datang di bulan Januari dan Februari," katanya.

Berbeda dengan kunjungan di awal bulan Maret ini yang memang menurun. Namun kata Titik penurunan kunjungan wisatawan karena tengah memasuki persiapan ujian tengah semester (UTS). Titik berharap dengan adanya permasalahan virus corona pemerintah daerah bisa bertindak cepat.

Sementara General Manager Aston Inn Batu Didik Rocki Wahyono mengatakan jika okupansi pada Januari dan Februari masih sesuai target yang diharapkan. Namun berbeda saat memasuki Maret.

"Dampak mulai terasa di minggu pertama Maret ini. Sebagai gambaran minggu pertama Maret 2020 ini okupansi kami sekitar 45 persen. Padahal minggu pertama Maret tahun lalu sudah 75 persen. Jadi ada penurunan sekitar 30 persen," ungkapnya.

Rocki memprediksi tiga minggu ke depan peluangnya masih bagus. Banyak tamu merasa Kota Batu aman dan bebas virus corona.

Begitu juga untuk tamu individual yang membatalkan tidak terlalu signifikan. Dalam seminggu ini ada satu tamu yang membatalkan pemesanan kamar di Aston Inn Batu.

Untuk bisa meningktkan target okupansi dengan Hotel Astin menawarkan harga yang lebih menarik dibanding periode sebelumnya. Aston Inn Batu juga memasang lebih banyak hand sanitizer atau pembersih tangan di lobi, restoran, dan depan lift tiap lantai.

Kepada para karyawannya, Hotel Aston Inn Batu mengedukasi agar menjalankan hidup sehat dan higinis.

Termasuk mengikuti standard kebersihan dan pelayanan kepada tamu. Itu dilakukan supaya tamu-tamu yang menginap maupun akan menginap yakin bahwa hotel peduli dengan situasi sekarang.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved