Pilwali Surabaya

Bawaslu Akan Berhentikan Sementara Panwascam dan Panwaslu Sejak 31 Maret 2020

Bawaslu akan memberhentikan sementara para pengawas Pemilu tingkat kecamatan atau Panwascam, dan tingkat kelurahan/desa atau Panwaslu sejak 31 Maret.

Tribun Batam
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan memberhentikan sementara para pengawas Pemilu tingkat kecamatan atau Panwascam, dan tingkat kelurahan/desa atau Panwaslu sejak 31 Maret 2020.

Pemberhentian sementara ini sesuai surat edaran Bawaslu RI yang ditandatangani Ketua Bawaslu RI, Abhan.

"Hal ini dalam rangka tindak lanjut Surat Edaran sebelumnya terkait penundaan aktivitas Panwaslu dan Panwascam," petikan surat tertanggal 27 Maret 2020 tersebut.

Sehingga, hal ini berdampak pada penerimaan honorarium.

Untuk Panwascam akan mendapat honor terakhir untuk Maret 2020. Sedangkan honorarium Panwaslu hanya diberikan kepada para petugas yang dilantik sebelum 15 Maret 2020.

"Selama diberhentikan sementara, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/desa tidak mendapat honorarium," begitu petikan tersebut.

"Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan akan diaktifkan kembali dan menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan petunjuk lebih lanjut dari Bawaslu," lanjutnya.

Adanya edaran tersebut praktis penanganan permasalahan Pilkada akan diambil alih Bawaslu kota/kabupaten.

"Untuk Surabaya, pelantikan Panwaslu kelurahan pada 13 Maret 2020. Jadi, mereka masih berhak untuk mendapat honorarium bulan Maret 2020," kata Yaqub Baliyya, komisioner Bawaslu Surabaya kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (29/3/2020).

Sebelumnya, Bawaslu Surabaya menunda sejumlah tahapan Pemilihan Wali Kota atau Pilwali Surabaya 2020.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved